Cetak Ulang Bukti Bayar Pajak dan Kode NTPN

cetak ulang bukti bayar pajak NTPN
Selama ini saya bayar pajak penghasilan (PPh) final lewat internet banking Mandiri. Semua berjalan lancar dan tidak ada masalah, baik di proses pembayaran maupun pencetakan bukti bayar.

Namun, kemarin saat bayar pajak masa juli 2019, ada notifikasi kalau Transaksi Tidak berhasil dan kode NTPN tidak muncul. Cek history transaksi, saldo telah tepotong.

Yang membuat saya bingung adalah apakah pembayaran pajak saya telah berhasil? kalau iya, bagaiman saya mendapatkan nomor NTPN nya? karena setahu saya kode NTPN adalah tanda bukti bayar pajak yang sah dan sebagai tanda kalau pembayaran pajak kita telah berhasil.

Saya pun mencoba cetak ulang bukti pembayaran pajak via internet banking mandiri (dibagian penerimaan negara) tapi hasilnya nihil, kode NTPN tidak muncul. Coba tanya ke @kring_pajak, disuruh konfirmasi ke bank mandiri. Tanya ke @mandiricare, tidak ada jawaban yang memuaskan. Cek di djponline juga tidak menemukan menu link history pembayaran pajak bulanan, hanya menu pembuatan kode billing.

Setelah ‘konsultasi’ dengan Google dapatlah informasi bagaimana cara cek kode NTPN untuk cetak ulang bukti bayar pajak secara online.  Sebagai alternatif lain Anda bisa juga datang ke kantor pajak setempat untuk minta tolong cek status pembayaran pajak dan minta kode NTPN. Tapi kalau Anda sibuk, cek NTPN secara online mungkin lebih efisien.

Cara Mendapatkan Kode NTPN & Cetak Ulang Bukti Bayar pajak

1. Login ke https://sse.pajak.go.id/index.aspx.
Website ini adalah website SSE ‘surat setoran pajak’ versi satu dari Dirjen Pajak. Jangan ke https://sse3.pajak.go.id yang ada di djponline. Karena disana tidak ada menu cek kode NTPN.

Kebetulan dulu saya pernah daftar di website ini sehingga bisa langsung masuk. Untuk Anda yang belum punya akun di https://sse.pajak.go.id silakan daftar dulu. Note: saya tidak tahu apakah sekarang masih bisa dipakai untuk daftar akun baru. Silakan konfirmasi ke pegawai pajak setempat atau tanya ke @kring_pajak.

2. Setelah login klik menu View Data > Konfirmasi NTPN
Konfirmasi NTPN cetak ulang

3. Pilih filter berdsarakan ‘kode billing’ dan masukkan kode billing > klik Verifikasi
input kode billing pajak

4. Kalau pajak telah terbayar dan SUKSES maka akan muncul data pembayaran berdasarkan kode billing kita, mulai dari jam pembayaran, nominal bayar dan kode NTPN.
cek kode NTPN bayar pajak

Sebagai catatan, akses ke website https://sse.pajak.go.id/index.aspx agak susah. Saya coba beberapa kali di sore hari selalu gagal. Setelah coba akses di pagi hari baru berhasil.

Tips: kalau anda menggunakan browser chrome, Anda bisa menyimpan bukti bayar ke file PDF. Klik cetak > pilih opsi destination ke save as PDF. Simpan baik-baik bukti pembayaran dan lampirkan saat laporan SPT

Semoga bermanfaat 

Advertisements

One thought on “Cetak Ulang Bukti Bayar Pajak dan Kode NTPN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.