Ganti Baterai Token Bank Mandiri

Pengalaman ganti baterai token ebanking mandiri sendiri
Beberapa hari ini, token key mandiri saya selalu menampilkan keterangan batt 0. Kadang-kadang muncul error disable4. Hmm.. jangan-jangan baterai token mandiri saya sudah habis dan minta diganti, maklum sudah 6 tahun lebih dan sering dipakai.

Kemudian saya cari informasi kode batt untuk token mandiri, dan memang itu menunjukan level baterai yang sudah mau habis (low battery). Untuk menggantinya kita harus datang ke cabang bank mandiri terdekat dan harus bayar Rp. 100.000. straight face

Ganti Baterai Token Sendiri

Daripada bayar 100 ribu, akhirnya saya iseng googling bagaimana cara mengganti baterai token bank mandiri yang dibuat oleh vasco.com. Apakah ada ‘cara khusus’ untuk menggantinya sendiri tanpa perlu ke bank?

Ternyata untuk mengganti token mandiri tidak bisa langsung di lepas trus diganti. Tetapi kita harus pasang power supply lain secara paralel, agar firmware di RAM token tidak hilang. Karena kalau asal lepas dan pasang seperti kita pasang baterai jam dinding, maka firmware/memory yang ada di dalam token akan hilang, dan token menjadi VOID, alias tidak bisa dipakai lagi.

Peralatan

1. Baterai CR-2032 2 buah
2. Solder dan Timah
3. Kabel kecil
4. Voltmeter
5. Obeng

peralatan

Gambar 1. Peralatan yang dibutuhkan. Gambar AVO nya lupa difoto hehe.

Cara Penggantian Baterai Token

1. Buka 4 sekrup di belakang tutup token
2. Buka 5 sekrup di bagian dalam

Bagian Dalam Token Bank Mandiri

Gambar 2. Bagian dalam token mandiri

3. Solder kabel ke baterai CR-2032 sebagai supply daya eksternal 3V yang akan diparalel ke token. Setelah di solder jangan lupa untuk menambahkan selotip, untuk mencegah kabel terlepas saat proses penggantian. Dalam tulisan ini, kabel putih = 3V dan kabel hijau = 0V.

Baterai Eksternal

Gambar 3. Baterai 3V CR 2032 sebagai Power Supply eksternal

4. Cari kutub (+3V) dan ground (0V) di PCB token dengan bantuan Voltmeter. Untuk Token vasco digipass 250 (DP250) yang dipakai Bank Mandiri, letak kutub (+3V) ada di bagian atas dan samping baterai. Lihat gambar dibawah untuk lebih detil.

Solder kabel tegangan 3v

Gambar 4. Lokasi kutub positiv 3V di PCB token

Sedangkan kutub ground 0V berada di balik pcb, dibagian dekat tombol token. Lihat gambar dibawah untuk detailnya. Mengapa tidak langsung solder di bagian titik ground dekat baterai? Kebetulan titik ground di PCB sudah terlapisi dengan layer bening (lupa namanya), jadi saat di solder tidak bisa menempel timahnya.

Solder kabel tegangan 0V atau groundGambar 5. Lokasi kutub ground 0V di PCB token

5. Sebelum mensolder kabel baterai eksternal ke PCB token, cek ulang ujung kabel dengan Voltmeter, pastikan nilai tegangan nya sekitar 3V.
6. Solder kabel positif (yang menempel di sisi baterai yang ada tulisannya) ke kutub (+) di PCB token. Dan kabel negatif (yang menempel di bagian polos baterai) ke ground 0V PCB. (lihat gambar 4&5 diatas)
7. Setelah baterai eksternal terpasang, lepaskan baterai token dan ganti dengan baterai CR-2032. Gunakan pinset kalau Anda kesulitan mengeluarkannya.
8. Lepaskan solderan kabel baterai eksternal dari PCB token dan pasang kembali sekrup bagian dalam token dan tutup luar.
9. Nyalakan token. Kalau berhasil, maka disaplay token akan langsung masuk menu input PIN. Dan notifikasi level low battery (Batt 0) tidak akan muncul lagi. thumbs up

Menu awal setelah ganti bateraiGambar 6. Peringatan Low Battery sudah hilang

Total biaya yang saya keluarkan untuk mengganti baterai token Mandiri adalah Rp 10.000, yang digunakan untuk pembelian 2 buah baterai CR-2032. Sementara alat-alat sepert solder dan AVO sudah saya miliki sebelumnya. Kalau Anda tidak memiliki alat yang dibutuhkan dan tidak mau repot, silakan ganti token di cabang Bank Mandiri terdekat.

Disclaimer

1. Penulis tidak bertanggunjawab atas segala resiko. DO IT WITH YOUR OWN RISK.
2. Kalau Anda RAGU dan TIDAK YAKIN, jangan mengikuti tips ini. Lebih baik langsung datang ke cabang Bank Mandiri terdekat untuk minta ganti token.
3. Tulisan ini hanyalah sharing pengalaman pribadi, tidak ada maksud buruk lainnya.

Semoga bermanfaat.happy

Advertisements

One thought on “Ganti Baterai Token Bank Mandiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s