Kirim Dokumen via JNE

dokumen
Kemarin saya ingin kirim dokumen yang cukup tebal ke Jakarta, sekitar 50 halaman. Kalau biasanya untuk urusan dokumen, saya selalu pakai jasa Pos Indonesa. Tapi, kali ini saya ingin kirim memakai jasa ekspedisi JNE. Karena saya ingin merasakan pengalaman kirim dokumen via ekspedisi. Siapa tahu bisa dapat yang lebih murah hehe. Karena beberapa kali kirim dokumen tebal via pos selalu kena tarif diatas 25 ribu. d'oh

Sebelum dikirim, dokumen saya beri binder clip agar tidak tercecer dan saya masukkan ke amplop coklat ukuran besar. Setelah di beri alamat tujuan dan pengirim, dokumen langsung saya bawa ke agen JNE Nganjuk.

Di sana, si petugas menawarkan tiga pilihan untuk paket pengirimannya. Pilih YES (28 ribu an..kalau tidak salah ingat), Reguler (18 ribu), OKE (16 ribu). Untuk JNE YES proses pengirimannya membutuhkan waktu 1-2 hari. Sedangkan JNE Reguler butuh waktu 3-4 hari. Sementara OKE memerlukan waktu pengiriman sekitar 5 hari. Berhubung dokumen saya tidak urgent banget, akhirnya saya pilih JNE Reguler saja, setidaknya lebih murah daripada POS.

Menurut si petugas , harga pengiriman dokumen sama dengan pengiriman barang. Untuk dokumen 300gram, nanti akan terkena biaya seperti barang 1kg (pembulatan ke atas). Jadi, kalau Anda ingin kirim dokumen yang cukup tebal maka pakai JNE bisa lebih murah. Tapi, kalau cuma surat 3 lembar mungkin pakai POS masih lebih murah.

Proses kirim dokumen di JNE termasuk cepat, gak sampai 5 menit urusan administrasi sudah selesai. Kalau di Pos prosesnya lebih lama, butuh waktu 10 menit-an kadang lebih, karena harus antri cukup lama. sad

Hmm.. ternyata kirim dokumen via JNE enak juga, gak ribet. Biaya lebih murah daripada pos (untuk dokumen tebal) dan prosesnya cepat…tidak perlu antri!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s