Pengalaman Telpon ke Paypal

paypal
Selama bertahun-tahun, akun paypal saya tidak pernah bermasalah. Tapi pagi ini, tiba-tiba saya tidak bisa login paypal (locked) meskipun email dan passwordnya sudah benar. Hanya muncul notifikasi “Maaf, kami tidak dapat membantu log in Anda. Jika Anda berpikir bahwa terdapat masalah dengan rekening Anda, hubungi kami dan kami akan membantu menyelesaikannya”.

Saya sudah coba ganti browser, bersihkan cookies, re-start laptop juga tetap tidak bisa login. Satu-satunya solusi yang di berikan paypal yakni dengan menghubungi paypal support secara langsung baik via telepon atau email.

paypal error notification - tidak bisa login

Sayapun coba kirim email via link “hubungi kami” yang muncul di halaman login tadi. Namun, berhubung saya ingin masalah cepat selesai, akhirnya saya juga telpon paypal secara langsung di 65-6510-4584. Karena berdasarkan riset singkat di google, sekarang team support paypal sudah memiliki pegawai dari Indonesia. Jadi kita bisa ngobrol pakai bahasa Indonesa tanpa perlu khawatir dengan bahasa Inggris yang pas-pas an, seperti saya hehe.

Persiapan

Sebelum telpon ke paypal, saya coba cari tahu dulu jam kerja kantor Paypal Singapura. Kok Paypal Singapore? Iya, khusus wilayah Asia Tenggara, permasalahan paypal akan di tangani kantor cabang Singapura bukan USA.

Jam Kerja Paypal Singapure
Senin – Jum’at mulai pukul 08:00 AM sampai 10:00 PM (waktu Singapore).
Sabtu – Minggu mulai pukul 09:00 AM sampai dengan 06:00 PM (waktu Singapore).

Untuk telpon paypal saya pakai Indosat IM3. Biar ringan biayanya, saya pilih Flat call 01016 (VOIP) daripada SLI 001/008. Tarifnya flat, Rp 2500/panggilan. Cara telponnya cukup mudah, dengan menekan kode 01016 + Kode Negara + Nomor Tujuan. Untuk nomer telpon paypal diatas, maka menjadi 010166565104584.

Proses Recovery

Pertama kali telpon, Anda akan di layani oleh mesin penjawab. Ikuti saja petunjuk yang di berikan. Ingat mesin penjawabnya pakai bahasa Inggris, tapi masih mudah di pahami kok. Kemudian pilih service in english (tekan angka 1), kemudian pilih bantuan untuk account limit (tekan angka 1). Tak berapa lama ada operator yang menyapa.. Dan ternyata dia pakai bahasa inggris! Waduh…?? confused

Saya pun coba menjawab dengan bahasa Inggris sebisanya. Enggak tahu pronunciation bener atau nggak big grin

Saya: Hello my name ….. I’m from Indonesia. Can I speak to Indonesia representative please?
Petugas Paypal: Sure, but unfortunatelly Indonesa support team not available right now. Can you call us 15 minutes again?
Saya: Oh, okay. I call you later. *kemudian saya tutup telponnya.

Ternyata petugas Indonesia nya belum ada dan saya disuruh telpon lagi 15 menit kemudian. Saat itu saya telpon jam 8.41 AM waktu singapura. Tepat jam 09.00 AM, saya telpon lagi. Setelah bicara “Can I speak to Indonesia representative please?” petugasnya bilang, “Ok hold on. I’ll send you to Indonesia team. Please, don’t hang up the phone”. Sayapun disuruh menunggu sebentar sambil mendengarkan nada tunggu lagu barat *lupa judul lagunya.

Kemudian ada suara petugas yang menyapa pakai bahasa Indonesia. Akhirnya bisa ngomong bebas, gak pakai Inggris lagi hehe. Setelah mengutarakan permasalahan login saya, kemudian si petugas minta alamat email dan nama kita di paypal. Dia juga minta saya menyebutkan 4 digit terkhir akun rekening bank yang ada di paypal, katanya untuk verifikasi.

Tak sampai 3 menit, akun paypal saya sudah bisa login lagi thumbs up. Ketika saya tanya mengapa saya tidak bisa login lagi? apa karena akses akun paypal dari IP yang berbeda? Dia bilang kalau ini masalah sekuriti. Sistem baru paypal akan me-lock akun kita kalau kita login dari koneksi yang tidak secure. Ini bisa karena browser yang tidak update ataupun jaringan internet kita yang diaggap “tidak secure”. Saya pun disuruh update semua browser yang saya pakai.

Hmm… saya baru ingat kalau malam sebelum di lock. Saya sempat login via tablet pakai Google chrome dengan koneksi internet Tri (3), dan di HP pakai dolphin browser dengan koneksi internet im3. Ada dua kemungkinan, karena browser saya yang belum di update. Atau karena pakai koneksi internet 3. Berdasarkan pengalaman saya, Google sering mengaggap spam kalau saya buka google translate pakai 3. Kalau pakai Im3 atau Indihome tidak ada masalah.

UPDATE
Tepat jam 14.23 WIB, saya dapat email dari paypal support. Ternyata email tersebut merupakan respon dari laporan yang saya kirim via web form. Karena, akun paypal sudah normal kembali, maka isi email tersebut hanya sebatas pemberitahuan bahwa akun saya sudah “in good standing.”

Pada bagian catatan email tersebut, ada anjuran agar kita kita menghindari koneksi internet 3 / SmartFren / BOLT karena dianggap tidak sesuai dengan sistem keamanan paypal. Nah, terjawab sudah kecurigaan saya, bahwa koneksi internet 3 kurang aman untuk akses paypal.

email paypal

Note: Kalau Anda lihat cuplikan email di atas, sepertinya petugas paypal tadi pakai google translate untuk menterjemahkan sebagian paragraf atau mereka pakai bahasa melayu? confused. Karena bahasanya sedikit aneh bagi saya hehe.

Moral Story

  • Jangan pernah login pakai koneksi yang berbeda-beda dalam satu hari
  • Gunakan browser dengan update terbaru
  • Sebisa mungkin hindari pakai 3 untuk login PayPal
  • Tidak perlu takut telpon ke paypal, sekarang sudah ada pegawai paypal yang berbahasa Indonesia
  • Kalau ingin kualitas suara bagus saat telpon ke luar negeri, pakai SLI jangan VOIP. Kalau ingin irit, baru pakai VOIP bukan SLI.

Semoga bermanfaat happy 

 

Advertisements

3 thoughts on “Pengalaman Telpon ke Paypal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s