Tips Belanja yang Baik: “Good Enough”

Kalau Anda ingin belanja barang dan ingin bahagia dengan apa yang Anda beli, maka stop cari “The best item with the best price” atau barang terbaik dengan harga yang paling bagus. Carilah yang menurut Anda sudah cukup baik (Good Enough) dan beli.

Ada sebuah nasehat yang baik dari buku Paradox of Choice: Why More Is Less nya Barry Schwartzm, yang inti nya kurang lebih seperti ini:

“Jika Anda sedang mencari sesuatu, seperti TV baru, gadget, laptop, tiket penerbangan, sewa mobil, dan lain-lain, mulailah dengan memutuskan apa yang “cukup baik” menurut Anda. Misalnya “gadget dengan harga di bawah 3 juta, penerbangan yang berangkat setelah 16:00, mobil travel yang stop tidak lebih dari satu perhentian, dll”. Segera setelah Anda menemukan sesuatu yang memenuhi kriteria, beli barang tersebut dan berhenti mencari yang lain.

Jangan pernah beli barang dengan memiliki tujuan awal mencari harga paling murah, atau spek paling bagus. Karena kita akan menghabiskan waktu berjam-jam atau berhari-hari untuk mengejarnya. Dan pada akhirnya, Anda akan tetap cemas bahwa barang yang kita beli masih belum yang terbaik.”

Maximizers Are Less Happy Than Satisficers

Advertisements

One thought on “Tips Belanja yang Baik: “Good Enough”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s