Gerhana Bulan

Gerhana bulan merah
Kemarin merupakan salah satu hari yang istimewa di tahun 2014. Tepat tanggal 8 Oktober telah terjadi fenomena alam yang jarang terjadi, yakni Gerhana Bulan Total. Alhamdulillah, di tempat saya tidak sedang mendung, sehingga saya bisa menyaksikan Gerhana Bulan dengan jelas (walau bukan pada puncaknya).

Awalnya saya tidak tahu kalau kemarin akan ada gerhana bulan. Kebetulan jam 16.00 saya iseng cek timeline twitter dan membaca salah satu cuit an teman saya soal gerhana bulan. Karena penasaran, saya pun coba browsing ke beberapa portal berita tentang gerhana bulan di tahun 2014. Dan benar saja, di salah satu artikel kompas ada ulasan fenomena Gerhan Bulan. Diperkirakan gerhana mulai terjadi, jam 17.24-18.24. Yang istimewa dari gerhana bulan kali ini adalah penampakan gerhana bulan total berwarna kemerahan (bloodmoon) dan bisa disaksikan dari seluruh wilayah Indonesia (selama tidak mendung, tentunya)

Ketika maghrib saya coba cek, lha kok belum ada penampakan sama sekali. Apa mungkin mendung? atau belum keluar bulannya? pikir saya thinking. Ya sudah saya pun balik lagi ke rumah. Sebelum sholat Isya saya sempatkan sholat gerhana bulan (yang ingin tahu tata cara sholat gerhana bisa dilihat disini).

Setelah sholat isya, sekitar 19.10, saya coba keluar lagi. Siapa tahu gerhana bulannya sudah kelihatan. Ketika menengok langit sebelah timur, tampak bulan yang cukup besar, jelas dan ada sebagian yang berwarna gelap (gerhana) day dreaming. Subhanallah, indah sekali. Sayang saya tidak sempat menikmati gerhana bulan lebih lama, karena saya telat keluar rumah. Jadi hanya bisa menikmati gerhana bulan fase akhir saja sad

Foto Gerhana bulan 2014

Saya sempat mengabadikan fenomena alam ini dengan kamera digital. Dari beberapa jepretan hanya satu yang terlihat cukup bagus big grin. Berhubung kameranya bukan DSLR ya hasilnya pun biasa saja.

Kalau Anda belum sempat menyaksikan gerhana bulan kali ini, jangan bersedih. Insya Allah, Gerhana Bulan Total berikutnya akan terjadi pada 4 April 2015 dan 28 September 2015.

Advertisements

2 thoughts on “Gerhana Bulan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s