Sate Kambing Enak dan Empuk

Sate Kambing Enak
Sejak dulu saya mengidam-idamkan bisa makan sate kambing yang empuk. Karena setiap beli sate kambing di Nganjuk, baik yang di Warung Winong atau per-empat-an jalan Payaman, selalu dapat yang ‘alot’, tidak bisa dikunyah straight face. Hanya bagian hatinya saja yang bisa terkunyah dan saya telan. Sementara daging yang alot tadi saya keluarkan lagi, meskipun orang tua menyuruh untuk menelannya.

Hari Idul Adha kemarin, keluarga dapat bagian daging kambing yang cukup banyak. Hanya saya dan kakak yang bersedia makan daging kambing, sebab orang tua enggan memakannya karena masalah kolesterol. Saya pun berpikir, mengapat tidak di sate saja dagingnya sekaligus belajar membuat sate sendiri yang empuk. Ketika saya diskusikan dengan kakak, ia pun menyetujuinya.

Saya segera mencari resep “membuat sate kambing sambal kacang enak”. Dan dapatlah daftar resep sate kambing Madura yang cukup meyakinkan (bisa dilihat dibagian akhir tulisan). Pada saat praktek, ibu membantu menyiapkan bumbunya, sementara kakak memotong daging, saya kebagian tugas memasukkan potongan daging ke dalam tusukan. Setelah semuanya siap, saatnya proses pembakaran.

Tungku Bakar Sate Sederhana
Tempat bakar sate sederhana

Karena tidak punya grill untuk memanggangnya, kakak pun mengakalinya dengan mencari genteng wuwung untuk menampung arang. Meskipun ukurannya terlalu lebar, tapi tidak apa-apa yang penting sate bisa matang. big grin Sebelum dibakar, tidak lupa sate dilumuri dengan campuran margarin (yang di encerkan dulu) dan kecap manis. Saat membakar jangan terburu-buru di angkat tunggu hingga matang bagian dalamnya. Karena telah dilumuri margarin, maka sate tidak akan mudah hangus/gosong.

Setelah matang, karena penasaran, kamipun langsung mencobanya. Hmm.. ternyata rasanya enak!  tidak kalah dengan warung sate di kota. Dan yang membuat saya senang adalah dagingnya terasa empuk dan tidak alot.thumbs up Ternyata pemberian nanas memang ada efek nya.

Sate Kambing Enak
Sate kambing siap di makan… yummy

Untuk penyajian saya tambahkan kecap manis di bumbu kacangnya biar lebih terasa enak. Tidak lupa irisan mentimun dan bawang merah segar untuk mengurangi efek kolesterolanya.

Kalau pensarang dan ingin belajar membuat sate kambing sendiri yang enak dan empuk, ini dia resep dan bumbu yang saya gunakan.

Bahan:

Daging kambing 500 gram
Kecap manis 150 ml
Buah Nanas 3-4 buah, kalau kurang bisa ditambahkan lagi.
Tusuk sate

Bumbu Olesan Saat Membakar Sate

Margarine secukupnya
Kecap manis 150 ml

Bahan Untuk Bumbu Kacang

Kacang tanah 250 gram, goreng jangan terlalu matang
Bawang putih 4 siung
Bawang merah 5 butir
Cabe merah 2 buah
Air secukupnya, sekitar 500ml
Garam secukupnya
Kecap manis 100 ml

Cara Memasak

1. Potonglah daging kambing sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Setelah itu masukkan ke dalam tusukan sate.
2. Kupas buah nanas, dan parut buahnya. Kemudian lumurkan air nanas pada daging sate. Diamkan selama 5 menit. Penggunaan buah nanas untuk membantu mengempukkan daging.
3. Panaskan Margarin, kemudian campurkan dengan kecap manis. Campuran ini digunakan sebagai bumbu olesan sate.
4. Masukan bahan pembuat bumbu kacang semuanya kedalam cobek dan lumatkan. Lalu masukkan kedalam wajan dan masak sampai matang dengan ciri-ciri bumbu kacang harum dan mengeluarkan sedikit minyak
5. Lumuri sate kambing dengan bumbu olesan sate secara merata.
6. Bakar sate sambil bolak-balik dan di kipasi, sehingga daging kambing akan matang secara merata.
7. Sajikan sate kambing dengan bumbu kacang dan irisan bawang merah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s