Ganti Ban Sepeda Sendiri

ganti ban dalam
Sudah beberapa hari ini ban belakang sepeda listrik saya sering turun tekanannya. Ada kemungkinan bocor alus atau kualitas ban dalamnya tidak bagus. Keadaan ini cukup mengganggu aktivitas. Karena setiap mau keluar rumah, harus mompa sepeda dulu. sad

Dulu ketika masih memakai ban dalam asli bawaan sepeda polygon jarang turun tekanannya. Cukup seminggu sekali tambah anginnya. Namun, semenjak ganti ban dalam dengan merek biasa (dibeliin tukang bengkel), baru dua hari sudah turun tekanannya. Biar tidak berlarut-larut, saya ingin ganti saja dengan ban dalam polygon.

Setelah googling kesana kemari, saya tidak berhasil menemukan penjual online yang jual ban dalam polygon. Rata-rata jual merek United. Daripada tidak ada, akhirnya saya beli ban dalam United dengan harga 20 ribu di tokopedia.

Ketika cari informasi ban dalam, tidak sengaja saya melihat video bagaimana cara mengganti ban dalam sepeda gunung sendiri di Youtube. Hmm.. kayaknya boleh juga nih praktek bongkar pasang ban dalam sendiri. Nampaknya tidak terlalu sulit. Sekalian buat latihan service sepeda sendiri happy

alat cukil ban dalam
Gambar alat cukil ban

Berbekal alat ganti ban dalam “Beto Omnipak Tire repair kit” dan tutorial dari youtube, saya coba bongkar dan pasang ban dalam sendiri. Ternyata tidak sesulit yang saya kira. Cukup pindah gigi gear ke yang paling kecil, kendorkan rem belakang, lepas roda sepeda belakang. Kempeskan ban trus tarik ban dalamnya. Setelah itu pompa ban dalam yang baru secukupnya sampai berbentuk lingkaran, trus masukkan ke dalam velg perlahan-lahan. Cek posisi ban luar agar seimbang, kalau sudah pas baru di pompa sampai keras. Pasang kembali ke roda belakang ke sepeda dan selesai.

Untuk panduan visualnya silakan Anda lihat video tutorial mengganti ban dalam sepeda di bawah ini.

Advertisements

2 thoughts on “Ganti Ban Sepeda Sendiri

  1. Tips menarik. Kalau dulu punya pengalaman nambal ban sendiri kalau saja ada ban dalam sepeda bocor atau lubang. Alat yang perlu disiapkan.
    1. Mata gergaji besi untuk menggosok sekitar ban yang mau ditambal.
    2. Bak air untuk mengetahui kebocoran
    3. Lem
    4. lembaran karet ban dalam.
    Untuk beberapa kondisi, kita dihadapkan harus bisa menambal sendiri

    1. Kebetulan kemarin pas beli tool kit pencukil ban dalam juga dapat lem dan lembaran buat tambal ban. Nanti kalau ada ban bocor bisa dicoba tambal sendiri 🙂

      Iya bro, skill ganti ban atau tambal ban sendiri seharusnya dimiliki setiap pengendara sepeda atau motor, terutama bagi mereka yang suka touring. Buat jaga-jaga kalau bocor di tengah jalan dan jauh dari tukang tambal ban.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s