Belanja Online di Tokopedia

Pengalamanku belanja online di tokopedia
Di Indonesia sudah mulai banyak portal belanja online mulai dari lazada, rakuten, tokopedia, tokobagus, FJB kaskus dll. Ini merupakan pertanda bagus buat mereka yang senang belanja secara online, jadi banyak pilihan.

Saya ingin sedikit share pengalaman saya belanja di Tokopedia. Kemarin saya ingin beli kurma, karena kangen dengan buah dari timur tengah ini. Sempat cari di google, penjual kurma yang punya harga miring dan dekat dengan daerah saya. Dari daftar pencarian Google muncul websitenya tokopedia.

logo tokopedia

Entah kenapa saya ingin coba belanja di e-commerce. Selama ini hanya belanja di website atau FJB. Siapa tahu prosesnya bisa lebih cepat.

Loginlah saya trus klik tombol beli pada salah satu lapak penjual kurma. Kemudian saya disuruh isi alamat dan expedisi yang mau dipakai. Disini kita bisa langsung lihat berapa biaya ongkir untuk berbagai expedisi seperti pos, jne, tiki, atau wahana. Tapi seberapa banyak expedisinya tergantung setting dari seller, ada yang lengkap ada juga yang hanya memberika opsi ekspedisi JNE untuk lapaknya.

Pada saat pilih metode pembayaran, saya pilih transfer bank saja. Dan yang menyenangkan adalah, ada banyak pilihan nomer rekening termasuk BNI. Good! jadi nggak perlu kliring. Setelah transfer, langsung saya konfirmasi. Tinggal tunggu respon dari seller.

Untuk kecepatan pengiriman tergantung seberapa cepat si seller untuk memprosesnya. Kalau seller nya bagus, biasanya satu hari bisa langsung dikirim. Tapi ada juga seller yang ‘malas’ kirim cepat, pernah dapat seller yang butuh 3 hari untuk konfirmasi saja! *belum proses kirim.

Saya ingin berbagi tips menentukan seller bagus atau tidak di tokopedia. Pertama, cek reputasinya. Kalau banyak konsumennya yang puas ada kemungkinan dia memang seller yang recommended.

Kedua, jangan lupa coba tes dengan tanya soal barang di tab ‘diskusi’, kalau response dia cepat berarti dia memang memantau terus lapaknya dan itu poin plus bagi seller yang bagus.

Ketiga, cek informasi ‘toko’ nya. Apakah dia memberikan alamat dan kontak BBM, no HP, atau email. Seller yang baik, pasti menyediakan kontak HP/BBM/Whats app untuk mempermudah konsumen menghubungi dia.

Dan terakhir, cek status terakhir dia online di tokopedia. Kalau dia online ‘ hari ini ‘ berarti memang dia niat jualan ti tokopedia. Terkadang ada juga seller yang memiliki status terakhir online 1 minggu yang lalu!

Alhamdulillah, untuk kurma Date Crown kheneizi yang saya pesan, proses konfirmasi dan pengiriman cukup cepat. Hanya butuh waktu 1 hari, barang siap dikirim. Beruntung saya mendapatkan seller yang bagus dan cepat pelayanannya. Bahkan ketika saya minta foto barangnya untuk mengetahui expired date kurma tersebut, si seller bersedia.

Kurma Emirate Date Kheneizi

Kelebihan Tokopedia

1. Biaya ongkos kirim bisa di cek secara otomatis. Sehingga pembeli bisa dengan cepat memperkirakan biaya keseluruhan yang harus dkeluarkan.

2. Ada fasilitas rekening bersama. Uang kita ditampung oleh pihak ketiga (tokopedia) untuk keamanan. Kalau barang sudah kita terima, maka duit baru di kirim ke seller. Kalau barang tidak dikirim, kita bisa minta uang kita kembali.

3. Banyak pilihan seller untuk jenis barang yang sama. Kita bisa mencari penjual yang menjual barang dengan harga lebih murah dengan lebih cepat. Mirip fitur search dan sort nya ebay.

4. Banyak pilihan rekening untuk transfer. Mulai dari Bank Mandiri, BCA, BNI, BRI, dll.

5. Tampilan website simple dan bersih.

Kekurangan Tokopedia

1. Fitur wishlist masih jadi satu dengan fitur notifikasi. *Sekarang sudah pisah.
2. Belum ada fitur kategori berdasarkan wilayah.*Sekarang sudah ada
3. Fitur security tokopedia cukup mengganggu. Tiap login, transfer dana, selalu ditanyaain nomer HP atau no rek.
4. Masih banyak seller ‘nakal’ yang pasang harga murah tapi menjebak (bukan harga sebenarnya, hanya sebagai clickbait).
5. Sistem rating yang baru kurang mengakomodasi penilaian dari pembeli. Bintang untuk pelayanan dan kecepatan pengiriman sekarang sudah tidak ada.

updated: 1/4/2016 7:03 am

Advertisements

2 thoughts on “Belanja Online di Tokopedia

  1. Pingback: Tips Belanja yang Baik: “Good Enough” | My Simple Blog

  2. Pingback: Ganti SSD | My Simple Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s