Image Hosting Gratis & Terbaik

image hosting
Buat Anda para blogger, pasti membutuhkan image hosting untuk menyimpan gambar. Biasanya tiap web blogging seperti wordpress, tumblr, blogger sudah menyediakan fasilitas untuk menyimpan gambar sendiri. Namun, banyak yang menyediakan dengan kapasitas terbatas. Kalaupun ingin menambah space, kita harus bayar atau bisa cari ‘tambahan’ dengan menggunakan web image hosting lainnya seperti tinypic, photobucket, flickr dll.

Sayangnya penyedia layanan hosting gambar sering kali memberikan batasan besaran bandwidth yang bisa dipakai. Jadi jangan heran kalau Anda sering menemukan gambar seperti di bawah ini di beberapa blog dan forum. Gambar tersebut muncul sebagai tanda kalau akun tersebut kehabisan bandwidth walau kapasitas penyimpanan masih banyak.

bandwidth habis

Pasti tidak menyenangkan bagi para pengunjung, kalau membaca artikel yang gambarnya tidak bisa muncul karena masalah diatas. Atau bagi buyer yang mengurungkan niatnya untuk beli online, hanya karena gambar produk yang di posting seller tidak bisa tampil…#pengalamanpribadi.

Nah, solusinya adalah kita harus pintar memilih image hosting yang bagus. Berdasarkan pengalaman saya yang pernah mencoba beberapa image hosting, saya bisa menyimpulkan kalau image hosting gratis dan terbaik untuk saat ini adalah Picasa Web Album miliknya Google . Selain gratis picasa juga memberikan kapasitas penyimpanan yang besar ‘almost’ unlimited untuk kondisi tertentu.

Picasa Google

Beberapa Fitur Picasa Web Album

– Kapasitas penyimpanan foto dan video 1GB dengan UNLIMITED BANDWIDTH. Kalau Anda mendaftar Google+ maka kapasitas penyimpanan menjadi 15 GB yang bisa di share antara Google Drive, Gmail, and Google+ Photos.
Kapasitas menjadi UNLIMITED kalau kita hanya mengupload gambar dengan ukuran max 800×800 px atau 2048 x 2048 pixels untuk Google+ user. Seperti pernyataan Google disini

800 pixels: Uploads up to 800 pixels are free for all users of Picasa Web Albums. A good size for publishing images on blogs and webpages.

Contoh kapasitas picasaweb saya yang hanya berkurang sedikit meskipun gambar sudah banyak.

media penyimpanan masih banyak

Direct URL link untuk gambar yang kita upload. Fitur ini sangat membantu kalau kita ingin sharing di forum atau posting di blog.

Kekurangan:
– Terkadang terjadi penurunan kualitas gambar jpg ketika di upload, terutama yang berlatar belakang putih. Untuk menghindari ini, saya biasa upload dalam format png.

Bagaimana kalau kapasitas penyimpanan sudah penuh? Anda bisa upgrade untuk tambah kapasitas atau hanya mengupload gambar dengan ukuran di bawah 800×800 px.

Kalau Anda punya pilihan image hosting yang lebih baik, silakan share di kolom komentar.

Semoga bermanfaat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s