Galaxy Note 8 Tidak Bisa di Charge

lowbat

Akhirnya Galaxy note 8 saya harus ‘opname’ ke Samsung Service Center (SSC) gara-gara terkena ‘penyakit’ tidak bisa di charge. sad Sebelum di kirim ke SSC saya sudah coba untuk memperbaikinya sendiri, mulai dari ganti kabel USB, ganti charger, copot konektor baterai (hard reset), bersihin soket port USB, sampai factory reset. Tapi, hasilnya nihil. Si note 8 tetep tidak bisa di cas, tidak ada tanda petir di icon baterai. Tanda silang merah pun juga tidak ada.

Kesimpulan sementara saya, bahwa ada kerusakan di bagian port USB si galaxy note atau PCB bagian charging. Saya tidak tahu apakah ada IC yang rusak, atau ada jalur PCB yang putus atau ada bagian solder yang renggang. Berhubung saya tidak ada alat untuk investigasi lebih lanjut, ya sudah saya putuskan untuk di kirim saja ke Samsung service center mumpung garansi belum habis.

Untung si seller orangnya baik hati, mau membantu saya untuk klaim garansi. Karena saya harus kirim ke Jakarta untuk klaim garansinya. (thx bro Ferry).

Semoga si Note 8, cepat sehat.

Update: 4 Maret 2014
Alhamdulillah si Note 8 sudah ‘sehat’ kembali, setelah masuk service selama +/- 2 minggu. Tidak ada biaya service, karena masih garansi. Hanya keluar biaya ongkir balik sebesar 30rb.

Advertisements

59 thoughts on “Galaxy Note 8 Tidak Bisa di Charge

  1. Nanda

    Note 8 saya sepertinya mengalami hal yang sama, sudah dicharge semalaman tidak penuh2 juga…mau tanya, kalau dibawa ke ssc untuk diperbaiki, apakah note kita akan di reset sehingga data2nya hilang?(kalau memang iya, saya akan membackupnya terlebih dahulu)…

    1. Yovita

      Saya jg mengalami hal yg sama…sdh saya bawa ke ssc cab.mangga dua square… awalnya kt nya baterai..note8 sy di opname buat ganti baterai hampir 400rb-.. tapi besokannya kambuh lg.. di charge gak penuh2.. makin hari makin parah.. sy balik lg..opname lg..masak disuruh ganti mesin 1,7jt…
      bikin sy naik pitam saja… trs kemarin saya bayar 400rb buat ganti baterai untuk apa??? Sy sungguh kecewa dgn samsung jd nya :((

  2. hoam

    sepertinya ini termasuk cacatnya Note 8, sering sekali note 8 saya jg bermasalah terkait charging dan baterai (sudah pernah dibawa ke SSC)

    1. Hmm…mungkin saja bro. Tp untungnya service center samsung termasuk cepat pelayanan nya, tidak seperti merk s**y.

  3. Entan

    barusan note 8 saya juga gabisa dicharge (lagi), padahal januari lalu juga kena kasus sama. apakah back up data bisa dilakukan di ssc nya? mohon reply nya bang

    1. Untuk data biasanya saya lakukan sendiri. Sambungkan tablet ke komputer trus di copy file2 yang penting ke PC, atau backup ke sdcard/Dropbox/google drive. Untuk backup ke SSC, saya kurang tahu. Mungkin bisa coba ditanyakan langsung ke SSC nya by phone.

  4. bayu

    Gan.. saya jg terkena mslh yg sm. Tp note8 sayA udah di bongkar sm teman teknisi ( bukan teknisi samsunf center ). Tp beberp hr yg lalu rusak lg. Itu kira2 garansinya msh berlaky ga ? Trus klo ga berlaku. Brapa kira2 biaya service nya ? Thanks.

    1. Mungkin masih bisa gan. Kemarin waktu cek sendiri, ane cuma lepas pasang batteray saja sih, nggak sampai di solder.
      Coba saja telpon ke service centernya langsung untuk kepastian berapa biaya kalau di service (kalau garansi dah void). Kemarin ane masih garansi, jadi biaya service tidak ada.

      Alamat SSC terdekat bisa di cek disini

  5. Melisa

    Saya juga mengalami hal serupa, kadang note 8 saya di cas bisa lebih dari 4 jam baru penuh, lalu saya diamkan setengah jam baru dihidupkan kembali, tetapi batre nya tidak 100% melain kan 60 atau 70 atau 80%.
    Akhr nya saya bawa k SSC tp mereka blg d cek dl, jika demekian kemungkinan harus mengganti batre. Selang 2hr saya dihub ternyata tidak kenapa2, mereka cas 100%. (Memang terkadang juga saya cas bisa full 100%, tapi jarang) dan akhirnya note 8 saya di factory reset ulang.
    Adakah solusi lain nya untuk note 8 saya?
    Sedangkan untuk mengganti batre biaya nya sangat mahal.

  6. Kemungkinan yang bermasalah di bagian battery, karena masih bisa charging meskipun lama. Kalau saya sama sekali tidak bisa charge. Tidak ada indikator mengisi atau tanda silang di battery icon.

    Untuk solusinya terus terang saya tidak tahu, karena belum pernah mengalaminya. Mungkin pembaca yang lainnya bisa kasih solusi?

    1. zilan

      Aku juga sama nih samsung note 8 gak bisa di cas sama kaya mas hakim … kira2 kalau sudah tidak ada garansi kena biaya berapa yah ?

  7. rizkita

    maaf mau nanya , saya juga mengalami hal yg sama. Waktu saya sambungkan dengan charger , tanda petirnya tidak muncul. saya baca komentar diatas katanya di factory reset ya? terus gimana cara backupnya kalau disambungkan dengan kabel USB saja nggak bisa? mohon sarannya , terimakasih

    1. Untuk data penting seperti kontak, sms, dan foto coba backup ke SD card. Alternatif lain bisa juga backup ke Dropbox atau Google drive.

  8. bravo

    waduh sama nih problem nya…yang jadi masalah pas di charge terlihat mengisi, tapi sampai 2 jam tidak ada penambahan daya sama sekali, kondisi kelap kelip lampu disko, gitu, udah di bawa ke ssc tomang, katannya ga ada masalah, ..itu knapa yah…

    1. Coba ganti kabel USB nya atau tes pakai charger lain.

      Punya saya malah tidak ada indikator nge-charge sama sekali (yang gambar baterai + petir).

  9. alex

    Sya juga baru ngalaminnya hari ini. Udah coba pakai charger bb masih juga gada. Iseng2 nyoba nge charge hape bb pake charger galnote. Gada masalah.. gakbisa nge charge sama sekali.. udah sejaman gtu kan di charge tanpa hasil. Dan akhirnya hopeless. Tapi tiba2 mukjizat datang dan dia bisa dicharge. Dan ketika penuh, saya lepas tuh. Iseng2 colok lagi. Eh gakbisa di charge lagi… apakah kira2 masalah kita sama mas?? Terima kasih 😀

    1. Pertama kali gejalanya mirip. Kadang bisa di charge kadang tidak. Tapi, 2 hari sebelum masuk SSC, si note 8 tidak bisa di charge sama sekali. Nyoba di perbaiki sendiri tidak berhasil. Ya sudah, kirim ke SSC biar cepat beres.

    2. alex

      Mas mau tanya lagi… ini penyakitnya dsri battery nya atau port usb nya? Nah terus mas ini dari daerah mana yah kalo boleh tau?

    3. Kalau menurut saya yang error bagian circuit charging atau port usb nya. Saya dari nganjuk, Jatim. Kemarin sempat bingung ke SSC. Tapi syukurlah si seller mau bantu ngurus klaim garansi.

    4. Sejak pulang dari SSC tidak ada masalah. Sudah normal kembali. Saya tidak tahu pasti, apa yang telah dilakukan oleh SSC. Bisa jadi mereka mem-flash ulang note 8 atau mengganti charging circuit nya. Untuk kepastiannya lebih baik dibawa ke SSC saja.

  10. rheza dewandharu

    Hampir sama nih masalahnya..tapi gw pake note 3 pas di charger pake charger aslinya usb 3 dia malah gak bisa nambah…malah berkurang…tapi pas gw pake charger usb 2 semacem charger bb malah bisa nambah daya..belum di bawa ke SSC sih itu problem nya di IC usb nya atau power IC atau batrai ya ??

  11. nuar

    Sama note 8 sy gitu dicas mlah berkurang tp klo ngecas dlm kondisi mati tabnya mau agak lm sih knp masalahnya

  12. andi rachmawaty

    Samsung Note 8 sy seminggu sy diamkan dilemari… bgitu sy mau charge…. ga bisa ngisi… sy coba kmbali ngecarge 3 jam msh ga ngisi….. bawa ke samsung service udah dibongkar kata tekhnisi ga ada masalah… cuma batrenya.udah.kosonh bnget…. dicharge sama tekhnisinya dgn daya yg lebih tinggi…. sy disuruh kmbali 4jam lg….. Stlh 4 jam tekhnisinya bilang kl tetep ga ngisi batre…. harus ganti batre….total biaya sekitar 380 ribuan… biaya service 88 ribu, batre 292 ribu….. kudu nunggu 4 harian krn stock batre lg habis….
    *Berbagi kisah 😁

  13. noviandi

    maaf gan saya juga mengalami hal yang sama. tapi masih bisa ngcrger, tpi pemakaian nya g lama,klo buka youtube kira2 10 menitan tnggal 15 % dri !)) %…. mau nanya juga gan, kirakira baterai termasuk garans ssc g gan… garansi masih berlaku… trimakasih pencerahannya….

  14. afiya

    maaf mau ikut nanya gan, note 8 saya kelap kelip terus, muncul opening samsungnya tp terus yaudah gitu terus kalo dinyalain, padahal sebelumnya udah full charge mana dari yg awalnya silent malah ada soundnya, dan sekarang mati, kenapa ya gan ? mohon sharing

  15. ronny

    Knapa galaxy saya d cest malah kedip kedip habis selang stengah jam tag hidupin cuma keluar tulisan samsung doang , gmna solusinya gan

  16. deni

    Ikutan join agan2 sekalian, note 8 ane udah 1 bulanan ini layarnya kedip2 n pasti dibarengi sinyalnya ilang. Tapi begitu ane colokin k charger terus normal lagi, padahal baterai masih 45%. Tapi begitu charger dilepas balik kedip2 nnainyal ilang lagi.
    mohon pencerahan.
    matur suwun

  17. Niki lauda

    Ane td baru perbaiki gan di ssc langsung. Gransi gda lagi. Note 8. Divonis pcb ny rusak. Ganti deh 150rb +100rb jasa ny total 250rb.

  18. layli azizah

    Note 8 sy jg mengelami hal yg sama. Gak bs dicharge. Itu kira2 makan biaya brp yah perbaikannyah. Soalnyah masa garansinyah sudah habis. Trmksh.

  19. Putri

    Sy pake note 8 udh setaun, akhir2 ini kalo dipake buat browsing+cek sosmed dll kira2 sejam nonstop baterainya cepet bgt habis. Baiknya dibawa ke SSC atau ganti baterai baru ya? Terimakasih

    1. Kalau baterai cepat drop, ada kemungkinan baterai minta di ganti. Coba di periksakan ke SSC, biar lebih tahu. dan Jangan lupa data-data penting di backup dl sebelum ke SSC.

  20. putra

    Misi gan.. mo nanya galnote 8 ane, sering hilang sinyalnya di barengi kedip2 nih galnote..kadang restart sendiri, knp ya gan? Ada yg ngalamin jg gak gan?

  21. Babanara

    Met malam Mas Hakim, sy ingin sharing sedikit: Setelah 2 tahun memakai GalNote 8, akhirnya gagal men-charge, sama persis dg kejadian Mas Hakim,tak ada tanda petir digambar baterai ketika saya colokan charger ke stop kontak. Yg ada adalah tanda seru. Perlu diketahui, Charger berfungsi dg baik ketika dipakai dg HP Samsung tipe lain. Dg HP smartfren pun berfungsi. Mdh2n besok CSS bisa menyelesaikan masalah ini dg cepat dan benar.

    1. irul

      Note 8 saya juga kena penyakit sama, gak bisa dicharge, punya agan sudah sembuh? Penyakitnya dimana? Habis berapa? Trims

  22. Ary

    Note 8 ku juga aneh ni gan, dia cuma bisa dicharge siang hari, kalau malem ga bisa…..tolong minta pencerahan nya gan…..

  23. Helep.. note 8.0 saya udah 2minggu ngadat. Udah ganti batre, ganti port connection tetep aja kadang bisa kadang ogah ngecharge. Ada apakah sebenarnya. Sementara ini note dipake buat kerja uhuhuhuhuh.. heleeppp

  24. Iwan

    Waw ternyata bnyk jg yg kasus nya sama..gw pemakaian dr 2013 br skrg kena masalah ga bs nge-charge, alhasil mati dah tu note gw. Mau masukin ke SCC lg tutup, td dah nyoba ke teknisi lain, di bypass langsung ke baterry nya msh ga masalah, kemungkinan ada ic yg bermasalah. Ada kemungkinan LCD nya yg kena ga ya bro? Drpd ganti LCD kayanya mending ganti baru ya?

  25. gusti

    waduh berarti samsung note 8 ni,,mmng di tempat car ya kelemahannya, ,aq jg sama dg klaian semua, ,sdh di repair 2 kli bru 2 bln kmbuh lgi gk bisa dicas

  26. alfafile

    Saya juga sama penyakitnya…. Di cas gak bisa sama sekali…..awalnya untung2 an …kadang berhasil kadang gagal….akhirnya mati total….Produk gagal apa ya gan? Kayaknya di supply power…kalau dah nyala smua lancar….tapi setelah batre abis….susah banget buat on cas nya…..

    1. Thanks bro buat tambahan infonya. Semoga bermanfaat bagi pembaca lainnya.

      Sejak pulang dari SSC, sampai sekarang note 8 saya masih normal.Gak ada masalah dengan charging & usb port nya.

    1. Punya ane udah buka batre Om Ryan, semula mau di cas ajah dulu pake desktop batrenya.. eh bingung ngeliat bentuk batrenyaa yg gak kaya yg removable. Klw dicas desktop bisa ga ya?. Tks

  27. awaji

    penyakitnya pada sama ya di Galnot 8 ini..
    ane beli baru dr 2012 sampe skrg, mulai dr tahun 2015 udh mulai keliatan problemnya, sewaktu mo colok usb ke pc ko ga ke detek, trus pas tes nge cas juga sama ga ada icon petir.. coba ganti kabel data juga sama.. awalnya mikir apa mngkin baterainya drop,, tapi gab bisa konek juga ke laptop.. curiga ane ada di port chargiing usbnya nih.. kira2 berapaan ya harganya? nnt mo cari2 di ITC cempaka mas ato roxy yg bnyak jual part HP..

  28. ndoko

    Note 8 saya, awalnya normal, tapi sekarang sudah gak bisa nge-charge lagi kalau Memorinya kepasang. Alhasil gak harus puas dg memori internal aja. & Batrei gak mau juga di charger kalau batrei masih di atas 40 %. Tolong pencerahannya harus gimana.

  29. iin

    ane juga sama gan . sampe ane ganti hp ke samsung galnot 8 lagi , di pake 1 tahun ehh kendala tsb terjadi lagi, gak bsa ngecharge ,tpi ada indikator masuk casan, cuma gak naik naik,, akhirnya saya ke konter dan bilang ganti ic charger merk cina ,kena 100rb , dan udah hampir mau setahun ini gak ada kendala lagi gan ,

    mending disini sih dripada di ssc, kalo ssc dikasih ori, pasti bakal begitu lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s