Pengalaman Kirim Sepeda Motor via JNE

Motor Mio
Akhir tahun kemarin, motor mio saya mengalami beberapa masalah. Bagian coupling penggerak roda modif minta diperbaiki. Saya sempat bingung bagaimana caranya mengirimkan motor yang aman dan terjangkau dari Nganjuk ke Solo? kebetulan yang bisa memperbaiki hanya teman di Solo.

Mulailah saya survei ekspedisi yang bersedia kirim motor ke luar kota, terutama yang memiliki cabang di Nganjuk. Pertama saya telpon ekspedisi Rosalia Indah, namun sayangnya mereka tidak mau kirim motor saya dengan alasan motor saya makan tempat karena terlalu lebar (roda tiga) sad. Ya, sudah saya cari ekspedisi lainnya.

Saya coba telpon ekspedisi ESL (Eka Sari Lorena) Kediri. Lagi-lagi saya harus kecewa karena mereka tidak bisa pick up motor di Nganjuk, mereka bilang kalau saya harus kirim motor ke cabang Kediri baru bisa kirim ke Solo. Wah, terlalu jauh kalau harus kirim kesana, pikir saya.

Kemudian saya baru ingat, kenapa tidak coba dengan kantor pos? Lalu saya telpon kantor pos cabang Nganjuk. Setelah memberitahukan tujuan dan jenis kendaraan saya, mereka sanggup untuk mengirimkannya ke Surakarta dengan biaya sekitar 600 ribu-an. Ketika saya tanya apakah motor bisa sampai ke rumah penerima (door to door), petugas pos bilang kalau motor akan di drop di kantor pos pusat Solo, dan penerima harus ambil sendiri ke kantor pos. Mengapa tidak bisa sampai ke rumah penerima langsung? mereka bilang itu sudah SOP dari kantor pos. Hmm… kalau harus ambil sendiri sedikit merepotkan teman, saya jadi nggak enak.

Saya coba hubungi ekspedisi lainnya yang ada cabang di kota Nganjuk, Pandu Logistic. Tapi, ketika saya telpon tidak ada yang mengangkat telponnya. Mungkin mereka sedang sibuk, pikir saya. Satu jam kemudian, saya coba telpon lagi namun tetap tidak ada yang mengangkatnya. Mau SMS juga tidak bisa karena mereka pakai telpon rumah. Terpaksa saya batalkan rencana pakai Pandulogistic .

Pilihan terakhir saya adalah JNE. Saya sempat ragu untuk pakai JNE? jangan-jangan ongkirnya lebih mahal dari pos? Bisakah motor dikirim sampai rumah penerima (door to door)? Untuk menjawab keraguan, saya pun kirim email ke JNE support. Keesokan harinya ada email balasan dari JNE. Mereka bilang bahwa kalau kirim motor pakai JNE bisa sampai ke tujuan akhir ( door to door) dan biaya kirim Nganjuk-Solo, hanya 400rb-an (belum termasuk asuransi). Wah boleh juga tuh JNE, ongkirnya lebih hemat dan bisa sampai tujuan akhir.

Untuk kepastian biaya total, saya pun pergi ke cabang JNE Nganjuk. Setelah di hitung oleh petugasnya, total biaya termasuk asuransi, packing, dan knalpot tambahan, sebesar 447 ribu. Masih lebih murah dari Kantor POS! Karena cocok dengan biayanya, motor pun langsung saya kirim ke JNE beserta persyaratan pengiriman motor berupa STNK dan fotocopy BPKB.

biaya kirim motor dengan jne
Biaya kirim motor dengan ekspedisi JNE

Berapa lama waktu pengiriman sepeda motor dari Nganjuk ke Solo? perkiraan saya bisa sampai seminggu. Ternyata, cukup 3 hari motor sudah sampai ke tempat tujuan. #cukupbagus.

Tracking Kirim Motor JNE
Tracking pengiriman JNE via android apps

Note: Menurut petugas JNE, paket motor harus ‘mampir’ dulu ke Surabaya sebelum dikirim ke Solo. Tidak bisa langsung dari Nganjuk ke Solo. (lihat gambar tracking di atas)

PS: Untuk mengetahui berapa biaya ongkos kirim motor, kulkas, tv dll silakan hubungi JNE langsung via telpon atau email di bawah ini.

Kontak JNE
Jl. Tomang Raya No. 11
Jakarta Barat 11440
Indonesia

Contact center. (021) 2927 8888
Office. (62-21) 566 5262
Fax. (62-21) 567 1413
Email. customercare@jne.co.id

Update 31/1/2017: Tambahan kontak layanan JNE

Advertisements

45 thoughts on “Pengalaman Kirim Sepeda Motor via JNE

    1. Mungkin tidak bisa. Karena kalo tanpa STNK dan Copy bpkb, terlalu beresiko bagi JNE. Apalagi kalau ada pemeriksaan oleh polisi pas di perjalanan.

      Tapi, untuk kepastian bisa atau tidak nya, silakan hubungi cabang JNE terdekat.

  1. Mau tanya biaya kirim motor dari Tangerang ke Cikarang? Oersyaratan apa saja? Motor sampe tujuan hrs diambil dimana? Motornya diantar ke jne mana? Terima kasih.

  2. kira2 kalau kirim TV layar datar ukuran 40 inch gitu bener2 aman gak yah? maksudnya kondisi tv kita bs sampai dgn selamat gak yah? soalnya aku barusan lihat ada salah satu customer yg kecewa lantaran xbox nya pecah bagian cashingnya

    http://alfido.com/2014/08/08/xbox-360-pecah-saat-dikirim-menggunakan-jasa-ekspedisi/
    1. Kalaun packing nya bagus dan diberi pengaman box kayu, mungkin bisa selamat sampai tujuan. Dulu saya pernah beli tv led 22 inch dan di box kayu, bisa sampai di rumah tanpa ada yang rusak. Berhubung layar tv Anda berukuran besar, lebih baik tanya dulu ke ekspedisinya, apakah mampu meng-handle-nya? Kalau masih ragu lebih baik cari alternatif lain.

  3. Biaya JNE sangat mahal… Kemarin tanya2 ke kantor jne, biaya pengiriman sepeda motor vario dari kab. Grobogan ke Jambi 2 juta lebih. Padahal yg lain cm 900rb.

  4. Gan….numpang nanya.ane mau paketin motor dari cibinong ke malang…untuk stnk tidak ada hanya copyan surat tilang stnk.bpkb nya ada.apa bisa gan..dan untuk ongkirnya berkisar berapa gan.hatur nuhun

    1. Wa’alaikum salam, Untuk tahu ongnkirnya, silakan hubungi kantor JNE cabang terdekat atau bisa via telpon & email di bawah ini.

      Head Office
      Jl. Tomang Raya No. 45 Jakarta 11440 Indonesia
      Telp. (021) 2927 8888, 566 5262, 563 3232
      Fax. (021) 567 1413
      email : customercare@jne.co.id

  5. Kirim motor mio M3 jakarta >> purwodadi Grobokan aja 1juta belom asuransi… gilaaa murah bangeeet.. JNE ternyata tak seperti yg kuduga. Mo balik lagi aja saya kapoook..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s