Mengapa Internet Telkomspeedy Sering Disconnect?

internet

Itulah yang jadi pertanyaan saya beberapa hari yang lalu dengan sering putus nyambungnya internet speedy. Sudah dua kali kejadian ini menimpa saya. Kasus yang pertama muncul karena modem bawaan speedy sudah berakhir masa hidupnya (setelah pihak Operator 147 memastikan jaringan speedy tidak ada masalah). Setelah ganti yang baru dengan merek TP link TF-8817 semua normal kembali.

Nah, kemarin muncul lagi masalah yang sama. Apakah benar modem TP link yang baru satu tahunan sudah K.O lagi? Karena tidak mau berlama-lama dengan kondisi ini, saya pun menggunakan solusi kasus pertama lagi, beli modem baru. Kali ini pilihan jatuh pada merek D-link DSL-526B Setelah dipasang koneksi internet jadi lancar kembali.

Namun, baru 10 menit masalah datang lagi, Disconnect berkali-kali. “Wah, masa modem baru sudah rusak? kayaknya nggak mungkin? pasti bukan modemnya yang rusak”, pikir saya. Mulailah cek satu persatu hardware untuk men-trace permasalahan. Pertama, pasang modem ke PC yang satunya. Siapa tahu ada masalah dengan OS di laptop. Ternyata masalah masih muncul. Kemudian tes kabel dari modem ke terminal telpon denga ganti kabel baru. Ternyata masalah DC masih ada. Trus coba cek line telpon dari pesawat telpon ke STO. Karena tidak punya alat, saya coba dial ke nomor 147 dan coba mendengarkan kualitas suaranya. Ternyata ada suara kresek-kresek (noise) di telpon. “Wah, kayaknya ada trouble di line telponnya. Mungkin ada kabel yang putus atau longgar”, kesimpulan sementara.

Keesokan paginya, saya telpon 147 bagian telephoni untuk melaporkan gangguan. Selang dua jam, petugas telkom langsung datang. Setelah di cek, si petugas meng-iya kan kalau ada kemungkinan kebel telepon yang rusak. Kemudian petugas yang satunya, langsung mengganti kabel telpon di tepi jalan sepanjang 30 meter! “Kok ganti kabelnya panjang sekali pak?” tanya saya ke petugas. “Iya mas, sulit kalau mau cek letak putusnya tiap meter”, jawabnya. “Iya juga sih”, pikir saya.

Setelah semua beres dan petugas balik ke kantor. Langsung saya coba lagi koneksi speedy. Vioala, ternyata masalah DC pada speedy sudah hilang. Tes dengan modem lama, TP link TF-8817 juga tidak ada masalah.

Ah, ternyata saya salah diagnosa awal 🙂 yang error bukan modemnya tapi line telponnya. Tapi tidak mengapa, D-link DSL-526B nya bisa dijadikan cadangan. So, kalau telkomspeedy sering DC berulang-ulang, maka ada kemungkinan modem yang error atau gangguan di jaringan line telepon.

Advertisements

9 thoughts on “Mengapa Internet Telkomspeedy Sering Disconnect?

  1. Baik.
    Disini sama aja, lagi coba modem smartfren. Yang jaringan EDVO juga tidak stabil walaupun sinyal dapet 4 bar. Paling enak pakai 1X sinyal 5 bar tapi stabil dan jarang disconnect walaupun kecepatan rata2 cuman 15 KB/s. Sementara yang EDVO bisa sampai 50 KB/s.
    Kalau di perusahaan pakai fiber optik kecepatan bisa 250 KB/s bila pakai proxynya telkom bahkan bisa 500 KB/s.

  2. dodi

    Informasi oke juga,siapa tau internet yg dirumah ada masalah sama kabelnya.
    #siapa yah yg punya alat buat nyari kabel yg putus??
    Tnks yah infonya

  3. dickson

    Aq mcm gtu kak,lampu yg padam dsl ama internetnya sama2 d-link 526B,tpi di srh ganti kabel,alasan seember,dah 2 tahunan speedy gw putus2,di byr pun 800 ribu perbulan

  4. Pingback: Test Internet Broadband 3G Axis Pro | My Simple Blog

    1. Email provider nya pakai apa? apakah yahoo atau gmail? Coba firewall nya dimatikan sementara, siapa tahu akses ke email terblokir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s