Fitur Baru di WordPress – Comment Threading

wordpress

Setelah lama menunggu akhirnya wordpress.com merilis fitur terbaru mereka : Comment Threading. Tidak hanya comment threading, wordpress juga menambahkan opsi comment paging, comment order settings dan automatically close comment untuk memudahkan diskusi di blog wordpress.

Berikut beberapa kegunaan fitur baru di wordpress,

1. Comment Threading
Dengan fitur ini kita bisa mereplay comment dari orang lain secara langsung dengan mengklik reply di tempat ia komentar (lihat gambar di bawah).

comment-thread

2. Comment Paging
Fitur ini berguna untuk membagi halaman komentar menjadi beberapa halaman. Fitur ini sangat cocok untuk postingan yang memiliki komentar banyak. Dengan di-split maka loading halaman tersebut menjadi lebih cepat karena tidak meload semua komentar dalam satu halaman.

Note: untuk sementara tidak semua theme di wordpress bisa memakai comment paging, karena ketika saya coba di blog ini next comment nya tidak muncul.

3. Comment Order
Fungsinya untuk menampilkan komentar terbaru atau yang lama yang muncul di awal kolom komentar.

4. Automatically Close Comment
Fitur ini gunanya untuk mendisable form comment untuk postingan lama, cocok untuk mencegah comment spammer.

Nah, setelah tahu fungsinya sekarang tinggal cara settingnya. Untuk mensetting fitur baru wordpress ini tinggal masuk ke dashboard > settings > discussion. Lihat di bagian other comment setting trus centang fitur yang ingin diaktifkan dan jangan lupa isi nilai settingannya (lihat gambar di bawah)

comment-setting

Karena theme cuteline yang saya pakai belum support semuanya maka saya hanya mengaktifkan fitur comment thread nya saja. Kenapa tidak ganti dengan theme baru? untuk saat ini saya masih betah dengan cutelinenya mas chris pearson. Simple and Clean 😉

Advertisements

4 thoughts on “Fitur Baru di WordPress – Comment Threading

    1. kalau di wordpress.com jika kita udah log on maka apabila kita comment di blog wordpress.com (hanya blog di wordpress.com) lainnya automatis ngelink ke blog utama kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s