Keutamaan Ilmu

Dulu, salah satu guru saya berpesan. “Jika kamu disuruh memilih antar ilmu dan harta, maka pilihlah ilmu karena ilmu lebih utama daripada harta”. Semoga artikel berikut bisa bermanfaat.

Keutamaan ilmu atas harta dapat diketahui dari beberapa segi :

  1. Ilmu adalah warisan para Nabi, sedangkan harta adalah warisan para raja dan orang-orang kaya.
  2. Ilmu akan menjaga pemiliknya, sedangkan pemilik harta menjaga hartanya.
  3. Ilmu adalah penguasa atas harta, sedangkan harta tidak berkuasa atas ilmu.
  4. Harta akan habis dengan dibelanjakan, sedangkan ilmu akan bertambah jika diajarkan.
  5. Apabila meninggal dunia, pemilik harta akan berpisah dengan hartanya, sedangkan ilmu akan masuk bersamanya ke dalam kubur.
  6. Harta dapat diperoleh orang-orang mukmin maupun kafir, orang baik maupun orang jahat. Sedangkan ilmu yang bermanfaat hanya dapat diperoleh orang-orang yang beriman.
  7. Orang yang berilmu dibutuhkan oleh para raja dan selain mereka, sedangkan pemilik harta hanya dibutuhkan oleh orang-orang miskin.
  8. Jiwa akan mulia dan bersih dengan mengumpulkan ilmu dan berusaha memperolehnya -hal itu termasuk kesempurnaan dan kemuliaannya – sedangkan harta tidak membersihkannya, tidak menyempurnakannya bahkan tidak menambah sifat kemuliaan.
  9. Harta itu mengajak jiwa kepada bertindak sewenang-wenang dan sombong, sedangkan ilmu mengajaknya untuk rendah hati dan melaksanakan ibadah.
  10. Ilmu membawa dan menarik jiwa kepada kebahagiaan yang Allah ciptakan untuknya, sedangkan harta adalah penghalang antara jiwa dengan kebahagiaan tersebut.
  11. Kekayaan ilmu lebih mulia daripada kekayaan harta karena kekayaan harta berada di luar hakikat manusia, seandainya harta itu musnah dalam satu malam saja, jadilah ia orang yang miskin, sedangkan kekayaan ilmu tidak dikhawatirkan kefakirannya, bahkan ia akan terus bertambah selamanya, pada hakikatnya ia adalah kekayaan yang paling tinggi.
  12. Mencintai ilmu dan mencarinya adalah pokok segala ketaatan, sedangkan cinta dunia dan harta dan mencarinya adalah pokok segala kesalahan.
  13. Nilai orang kaya ada pada hartanya dan nilai orang yang berilmu ada pada ilmunya. Apabila hartanya lenyap, lenyaplah nilainya dan tidak tersisa tanpa nilai, sedangkan orang yang berilmu nilai dirinya tetap langgeng, bahkan nilainya akan terus bertambah.
  14. Tidaklah satu orang melakukan ketaatan kepada Allah Ta’ala, melainkan dengan ilmu, sedangkan sebagian besar manusia berbuat maksiat kepada Allah lantaran harta mereka.
  15. Orang yang kaya harta selalu ditemani dengan ketakutan dan kesedihan, ia sedih sebelum mendapatkannya dan merasa takut setelah memperoleh harta, setiap kali hartanya bertambah banyak, bertambah kuat pula rasa takutnya. Sedangkan orang yang kaya ilmu selalu ditemani rasa aman, kebahagiaan, dan kegembiraan.

Wallaahu a’lam

Disalin dari buku Menuntut Ilmu Jalan Menuju Surga “Panduan Menuntut Ilmu”
Penulis Yazid bin Abdul Qadir Jawas

Advertisements

8 thoughts on “Keutamaan Ilmu

  1. cantigi

    ini yg ingin saya bawa saat pindah ke kuburan selamanya. ayo.. semangat ibsn, ajak mereka semua dalam kebaikan, cuek aja kalo ada yg bilang kampungan, ga gaul, udah bosen dengernya. ayo nabung kebaikan dari sekarang. keep spirit & fokus my bro.. ^_^

    Ayo.. semgat cari bekal buat nanti… πŸ™‚
    Biasa itu mas… kalau kita mengajak dalam kebaikan pasti ada saja yang berprasangka yang nggak-nggak… Tetap semangat.. *(tetap sehat… biar bisa jalan-jalan… dan makan..makan *lho kok ngikut semboyannya pak bondan πŸ˜‰ )*

  2. Sebaik-baik orang adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Saya adalah salah satu diantara sekian banyak yang mendapat manfaat dari tulisan ini.

    alhamdulillah, kalau artikel ini bisa bermanfaat buat kita semua. Semoga Allah melimpahkan rahmat kepada penulis aslinya πŸ˜‰

  3. iyaah.. saya cari ilmu sajaa… tapi kalo lapar, ya cari duwit juga… hehehe…

    cari duwitnya pakai ilmu kan.. πŸ˜‰

    btw, ayuh kopdar nang nganjuk…
    pas riyoyo piye??

    Mm.. boleh… dilihat dulu nantinya πŸ˜‰

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s