Tips Membangun Motivasi Diri

bamboo - motivasi diri

Banyak sekali difabel yang merasa rendah diri dengan kondisi mereka. Mereka merasa bahwa mereka hanya jadi beban bagi orang lain dan merasa dirinya tidak berguna. Sehingga banyak diantara mereka yang kurang motivasi diri untuk menatap hidup ini dengan penuh semangat. Perasaan seperti itu memang wajar dialami oleh para difabel. Tapi, alangkah sayangnya kalau hidup ini hanya digunakan untuk meratapi nasib dan berdiam diri. Berikut ada tips buat membangun motivasi diri dari cak fu

Membangun motivasi diri memang butuh kerendahan hati untuk dapat menerima diri kita apa adanya. Kita sepakat bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, setiap orang punya kekurangan dan kelebihannya masing – masing. Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa rendah hati dan terbuka untuk memaafkan dan menerima kekurangan kita. Sulit memang dan butuh pergulatan jiwa yang keras. Maka ada beberapa cara;

Pertama, Kenali diri kita secara mendalam apa kekurangan kita dan apa kelebihan kita. Jika perlu buat daftarnya pada selembar kertas. Buat daftar kekurangan kita sekecil apapun. Berusaha untuk jujur, tidak apa – apa karena hanya kita dan Tuhan yang tahu. Lalu buat juga daftar kelebihan kita secara jujur pula sekecil apapun kita tulis. Biasanya kita takut sombong dan takabur, tidak apa apa, sesekali kita perlu mengapresiasi diri kita sendiri.

Kedua, Sesudah itu coba bandingkan. Saya yakin Anda akan memiliki daftar kelebihan lebih banyak daripada daftar kekurangan. Namun jika ternyata daftar kekurangan Anda lebih banyak maka hitung selisihnya antara jumlah kekurangan dengan jumlah kelebihan. Lalu pikirkan cara untuk memperbaikinya dan catatlah. Maka sekarang hidup Anda punya arti yaitu bagaimana memenuhi kekurangan – kekurangan tersebut.

Satu hal yang bisa menambah motivasi kita adalah keyakinan bahwa Allah tidak pernah menciptakan makhluk-Nya tanpa alasan atau tanpa maksud. Maka hidup kita sebenarnya adalah amanah, maka sudah merupakan kewajiban bagi kita untuk menjalani hidup ini dengan baik karena hidup ini adalah keputusan yang kita buat sendiri. Hanya orang yang tahu alasan mengapa dia harus hidup, maka dia dapat menjalani hidup dengan ringan.

Semoga bermanfaat terutama buat teman-teman difabel

Advertisements

8 thoughts on “Tips Membangun Motivasi Diri

  1. saya sependapat dengan tips lo ,,,,,,,hidup itu indah,
    penuh dengan perjuangan dan perlu banyak kesabaran ,,,,,,untuk hadapi semuanya,,,,,

    yup, kalau hidup lurus2 aja kan nggak “menarik” 🙂

  2. Assalamu alaikum…
    Salam kenal dari diriku..:-) tulisan yang bagus, tkadang justru krn kekurangan itu yang mbuat kita lebih banyak bsyukur.. tapi sayang jrg ada org yg tau.. jika tau, pasti tdk akan cukup kata syukurnya. Smg tulisan ini bisa mjd manfaat bt kita smua… amin.

    wa alaikum salam, salam kenal juga. begitulah manusia, selalu kurang dan kurang 🙂

  3. artikelnya sangat menarik, saya menemukan ini karna saat ini saya kurang motivasi terdapat rasa ketidakpercayaan pada diri sendiri untuk melakukan sesuatu padahal hal ini adalah impianku ketika sudah di depan mata hal yang menjadi penghalang adalah kurang motivasi dan ketidakpercayaan diri namun dengan membaca artikel ini sedikit demi sedikit mulai membangun motivasi . Aku Pasti Bisa………….
    smangat………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s