Bahasa SMS dan Assalamu ‘alaikum

tulislah salam dengan baik

Sebelumnya saya mohon maaf kalau tulisan ini terkesan menggurui, tidak ada maksud apa-apa hanya sekedar mengingatkan diri sendiri.

Bahasa sms memang penuh dengan singkatan mulai dari kamu disingkat jadi u, gak pakai lama dengan gpl dan sebagainya (seperti singkatan bahasa gaul). Tujuan dari penyingkatan bahasa sms ini adalah untuk mempercepat penuisan sms dan menghemat jumlah karakter. Namun, terkadang singkatan-singkatan SMS membuat orang susah untuk membaca dan memahaminya. Dan ujung-ujungnya bisa terjadi salah paham.

Diantara sekian singkatan SMS ada satu yang sangat kurang saya sukai, yakni penyingkatan ucapan Assalamu alaikum menjadi Ass. Jujur saja, penyingkatan itu sangat tidak tepat. Karena bisa merubah artinya walaupun bukan artian dari bahasa arabnya. Kalau assalaamu ‘alaikum artinya keselamatan untuk kamu semua (dalam bahasa arab). Ketika disingkat menjadi ass artinya bisa menjadi orang bodoh, dungu (dalam bahasa inggris). Lho itu kan arti dalam bahasa inggris? memang benar kalau diartikan dalam bahasa inggris bukan dalam bahasa arab. Tapi, sebagian orang akan merasa kurang nyaman/risih (ada yang tahu bahasa indonesianya?) dengan kata-kata ass. Akan lebih baik kalau untuk salam kita tidak perlu menyingkatnya. Dengan menuliskan lengkap berarti kita telah mendo’akan orang yang baca sms kita . Tapi, kalau disingkat ya…tidak ada artinya. Kalau memang terpaksa harus disingkat (walau sangat tidak dianjurkan), cobalah menyingkatnya dengan kata selain ass, misal : asslm.

Banyak yang menganggap kalau masalah ini sepele. Tapi, tidak ada salahnya kalau mulai dari sekarang kita membiasakan diri untuk menggunakan salam dengan baik dan benar. Entah dalam SMS, Forum dan sebagainya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s