Tools Statistik di WordPress

who amung us

Mungkin banyak beredar tool-tool statistik blog untuk mengetahui dari mana asal pengunjung blog kita, siapa yang sedang online, berapa jumlah pengunjung dan sebagainya. Kita bisa memakai tools seperti extremetracking, sitemeter, histat dan whos amung us. Sayangnya tidak semua bisa dipakai di blog yang numpang di wordpress.com. Kalian tahu sendiri kan kalau di wordpress itu kita nggak boleh memasukkan code javascript. Padahal rata-rata program statistik tools memakai kode javascript.

Sebenarnya WordPress sendiri telah menyediakannya tools statistik di dashboard pada bagian stats. Dengan stats ini kita bisa mengetahui jumlah total pengunjung hari ini, posting yang paling banyak di akses, dan referer visitor, dan keyword yang dipakai untuk mampir ke blog kita. Tetapi, untuk mengetahui siapa yang lagi online dah dari mana asal visitor, kita perlu tool tambahan yang bisa dipakai di wordpress.com. Ada dua tools yang pernah saya coba, yakni sitemeter dan who Amung us. Untuk postingan ini saya akan bahas who amung us.

Kelebihan dari who amung us adalah dia tidak memakai javascript untuk melakukan tracking. So, bisa dipakai di blog yang numpang di wordpress.com. Dengan amung us, kita bisa mengetahu siapa yang sedang online di blog kita, negara asal visitor dan grafik pengunjung. Untuk grafik pengunjung saya lebih memilih data yang disediakan oleh wordpress.com, lebih akurat . Pengunjung yang sedang online di blog kita akan ditampilkan secara real time oleh who amung us.

Berikut penggunaan Tools statistik who amung us

  1. Kunjungi who amung us
  2. copy code yang ada di halaman tersebut
  3. Login ke bagian admin di blog wordpress
  4. pilih menu design > widgets > klik add pada widget text
  5. Klik edit pada widget text tersebut dan paste kan code dari who amung us
  6. Klik save changes

amung us map

Salah satu tampilan map / peta di blog saya

Jumlah pengunjung yang sedang online di blog kita akan ditampilkan di banner who amung us (lihat gambar di atas). Mungkin bagi yang suka blogwalking sudah tidak asing lagi dengan widget ini. Untuk mengetahui asal pengunjung blog, klik saja banner who amung us tersebut dan kita akan disuguhi peta visitor blog kita.

Semoga bermanfaat .

Advertisements

8 thoughts on “Tools Statistik di WordPress

  1. Saya baru belajar membuat blog, saya telah mencoba memasang map asal pembaca dari whos amung us. Tetapi kode yg dicopykan di widget text kok tdk bisa memunculkan map ?
    Lalu bagaimana pula cara memasang recent reader ?
    Makasih sebelumnya

    1. Untuk memasang recent reder di blog wordpress.com (seperti blog ini) saya pakai layanannya mybloglog.com kebetulan script atau kode mybloglog bisa untuk wordpress.com. Kalau map visitornya whos amung us : coba pilih yang Non Java Script untuk kodenya. Karena wordpress.com tidak mengijinkan javascript. Lalu pastekan kodenya di text-widget (dashboard > Appearance > Widgets > Text). Semoga membantu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s