Ada Apa dengan Anti Spam Akismet?

Anti spam akismet

Kemarin sempat iseng melihat komentar-komentar apa saja yang masuk ke dalam anti spam Akismet yang ada di wordpress. Wow… banyak juga isinya, pikir saya. Tapi sebagian besar dari promosi dan kata-kata yang bersifat xxx (tahu sendiri kan ). Wah… saya anggap si Akismet berhasil menjalankan tugasnya . Setelah saya lihat satu persatu komentar yang di tangkap Akismet, saya tertegun pada salah satu komentar. Ternyata itu adalah komentar temen saya si Trisun. Lho, kok bisa masuk spam ? padahal komentarnya tidak termasuk spam. Saya lihat komentar lainnya, ternyata ada beberapa komentar dari dia dan para blogger yang meninggalkan jejak blogwalking nya yang dikategorikan sebagai spam. Wah, ada apa dengan akismet?

Berdasarkan informasi dari om google dan penyelidikan dari saya (kayak detektif aja). Berikut kesimpulan yang bisa saya tarik dari kejadian ini.

  1. Ada orang yang memberikan komentar banyak di suatu blog dalam rentang waktu yang singkat. so dianggap spam deh… sama si Akismet, walaupun isinya tidak berbau spam.
  2. Kita pernah menandai suatu komentar yang sedang di moderasi sebagai spam, walau komentarnya tidak mengandung kata-kata yang tidak senonoh, tapi kita anggap kurang layak untuk tampil. Nah, si Akismet akan menganggap model komentar seperti itu sebagai spam.

Bagaimana dengan komentar-komentar yang terlanjur ditangkap oleh akismet? mudah saja, centang opsi Not SPAM, trus klik tombol de-spam marked comments. Akhirnya, saya de-spam satu persatu komentar di blog ini yang saya anggap bukan spam biar akismet di blog saya bisa belajar lebih baik .

“Comments you de-spam will be submitted to Akismet as mistakes so it can learn and get better.”

So, Bagi yang akismetnya aktif, coba deh cek isi akismet spam di blog kamu. Siapa tahu ada komentar teman kamu atau blogger yang terjaring oleh akismet.

Advertisements

2 thoughts on “Ada Apa dengan Anti Spam Akismet?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s