Angkatan Millenium PSBD Suryatama

Bamboo
Ditempat inilah saya bisa menemukan “dunia” yang hilang itu. Di tempat ini pulalah saya bisa merasakan “hidup lebih hidup”. This place become the best part of my life.

Berlokasi di Bangil, Pasuruan, PSBD Suryatama merupakan kawah candradimuka buat kami para difabel. Di tempat ini kami digembleng mental dan spiritual agar menjadi lebih kuat. Disini kami bisa merasakan emosi kebersamaan yang kuat karena rasa senasib sepenanggungan dan seperjuangan.

Di tempat ini terdapat tiga ketrampilan pokok : elektronika, bordir, dan menjahit. Terakhir saya berkunjung (2005) sudah ada tambahan ketrampilan sablon. Disini para difabel di tempatkan dalam asrama. Selain kegiatan formal, para difabel juga mendapatkan pelatihan ADL, Keagamaan, Extra, Musik dll. Program pelatihan ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis, asal ada surat dari Dinas Sosial setempat.

Angkatan Millenium

Temen seperjuangan

Di PSBD Suryatama saya termasuk ke dalam angkatan millenium. Mengapa disebut Angkatan Millenium? ya karena saya masuk dan lulus tahun 2000 :). Kegiatan yang paling saya suka adalah ADL (Activity Daily Life) karena disini kita diajarkan bagaimana “cara” hidup untuk orang difabel. Materi ini tidak akan pernah kita dapatkan dari lingkungan biasa. Di tempat ini saya bisa kenal dengan sesama difabel. Banyak sekali cerita menarik diantara para difabel, mulai dari jadi tukang parkir, ada yang jadi kyai, “dibuang” keluarganya, bahkan ada juga yang jadi Playboy πŸ˜€ (weleh..weleh gak ikut2 deh..).

Sangat disayangkan, karena saya datang terlambat maka saya hanya mengenyam “pendidikan” selama 6 bulan. Tapi, waktu singkat itu telah menjadi the best moment in my life. Dari tempat inilah mengapa saya jadi suka dengan dunia elektronika. Dunia yang tidak pernah terlintas dalam mimpi saya.

Saran

Buat teman-teman difabel tidak ada salahnya belajar disini. Kamu akan melihat dunia dengan berbeda

Advertisements

8 thoughts on “Angkatan Millenium PSBD Suryatama

  1. Assalaamu’alaikum
    Bagaimana kabarnya mas Hakim? smoga selalu bersemangat. Bicara tentang PSBD Suryatama Bangil, sesungguhnya menarik sekali, suatu kali saya berfikir untuk live in beberapa hari di sana untuk kemudian menuliskan kehidupan dalam PSBD yang belum banyak tersampaikan pada masyarakat. Oh..iya dulu sekitar antara tahun 1999 dan 2000, organisasi saya ketika itu IPC Jombang pernah diundang untuk menghadiri ulang tahun PSBD. saat itu saya datang bersama beberapa kawan dan menginap di sana untuk 2 malam. Karena pada waktu itu saya masih merupakan mahasiswa dengan segala idealismenya, maka pada malam hari saya bergerilnya di kamar – kamar teman dan menyampaikan pikiran-pikiran kritis terhadap sistem yang tidak beres di PSBD saat itu. Keesokan harinya pada saat perayaan ulang tahun di aula PSBD, salah satu penghuni asrama yang telah terkontaminasi oleh pikiran saya melakukan orasi kritis terhadap sistem yang tidak beres di PSBD. Rupanya pimpinan PSBD Bangil sudah mengendus kehadiran saya di PSBD dan saat itu juga saya diusir keluar dari forum. Karena kehadiran saya dianggap membahayakan status quo.

    Oke mas Hakim trim dan terus belajar menulis, masih banyak ketidak adilan yang harus terus kita suarakan melalui tulisan.

    Salam,,

    Cak Fu

    wa alaikum salam…
    Dulu waktu jaman saya pernah terjadi demo… gara-gara tidak ada kejelasan untuk praktek akhir elektro padahal waktu kursus tinggal sedikit. Tapi, akhirnya dipenuhi, walau tidak seperti tuntutan.. πŸ˜‰
    Kalau ngomongin birokrasi , dari dulu memang banyak “ketidak beresannya” mas.. gak hanya di bangil saja, di tempat lain juga banyak…
    Ouw.. pernah diusir ya… wah..wah.. πŸ˜‰

  2. apakah ada panti/penampungan/pondok pesantren/sejenisnya yang mau menerima orang difabel. Maksud saya bukan hanya tempat pelatihan,tetapi juga untuk tempat hidup..mohon bantuan info…

    terimakasih…

    1. di PSBD Suryatama juga disediakan tempat tinggal + makan gratis selama pelatihan (1 tahun). Kalau tempat tinggal untuk selamanya, kurang tahu. Coba kontak dinas sosial setempat, mungkin ada informasi soal itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s