Belajar Linux dengan Knoppix

Knoppix Linux

Mungkin bagi kamu yang pingin tahu apa sih sebenarnya linux itu. Mungkin kita bisa melihat demonya dengan Live CD Knoppix. Dengan distro Linux ini kita tidak perlu menginstallnya ke hardisk. Cukup mensetting First Boot di BIOS ke CDRom. Nah, ketika PC direstart maka Knoppix akan aktif.

Kelebihan lain dari distro ini adalah CD ini dapat digunakan sebagai rescue tool saat komputer kita tidak bisa booting secara normal via hardisk atau ada data yang perlu diselamatkan sementara OS kita sedang rusak.

Yang bikin hebat distro ini adalah walaupun Cuma 1 CD ( versi DVDnya juga ada kok!) tapi aplikasi-aplikasi untuk sebuah Personal Computer lebih dari cukup. Baik itu aplikasi perkantoran (OpenOffice), game, Multimedia (XMMS&Kaffein) dll.

Ada cerita nih…dulu aku nggak bisa-bisa instal Mplayer (aplikasi multimedia audio dan video) di SuSE 9.0 , karena dependenciesnya yang relatif banyak banget…(Kalau komputerku punya koneksi ke internet mungkin lain lagi ceritanya). Setiap sudah instal depedencies yang ku download lewat internet pasti selalu ada aja yang kurang….Tidak tahunya waktu pakai Knoppix semua extensi file audio dan video di kenali dengan baik. Baik WMV, DAT, MPEG, DIVX, MOV, MP3, WAV dll. Cuma sekarang lagi nyari caranya biar libraries multimedia di Knoppix bisa dipakai di SuSE 9.0..

Mungkin ada yang bisa bantu? 🙂

Advertisements

4 thoughts on “Belajar Linux dengan Knoppix

  1. Pingback: PClinuxOS : Cocok Buat Linux-er Pemula « My Simple Blog

  2. Minta ijiin yaa… (ktx disuruh ijin dlu hi2)
    mu minta / copy tulisannya, boleh kan 🙂
    makasi uda bagi2 ilmunya

    greetz

    silahkan, asal disebutkan sumber tulisan dan tidak merubah isinya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s