Bocah Ajaib

Magnus Carlsen adalah Grandmaster (GM) catur termuda dalam sejarah, ketika dia mencapainya di usia 13 tahun dan menggemparkan dunia dengan memenangkan turnamen Corus Group C di tahun 2004 secara amat gemilang mencetak angka 6.5 menghadapi 8 lawan GM.

Sebelumnya Magnus dikenal sebagai bintang catur di negaranya Norwegia. Dia seorang anak yang sederhana, murah senyum dan disenangi banyak orang. Dia berlatih amat keras untuk kemajuan caturnya. Mula-mula hanya 2-3 jam per hari, kini sekitar 4-5 jam per hari. Dia banyak menghabiskan waktu membaca buku-buku teori catur, bermain catur online di Internet, dan berlatih bersama pelatihnya.

Untuk mengembangkan bakatnya secara optimal, orang tuanya menjual mobil bekas mereka dan menyewakan rumah mereka, dan selama setahun penuh mereka berkeliling dunia mengikuti turnamen-turnamen catur. Magnus tetap tidak mengabaikan pekerjaan rumah sekolahnya, walaupun itu dilakukannya di kursi jok belakang mobil atau di kamar hotel. Mengikuti turnament catur di seantero dunia membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dan akan mustahil tanpa dukungan keuangan yang memadai. Untunglah mereka menemukan sponsor baru yaitu Microsoft.

Kemampuan daya ingat Magnus amatlah luar biasa. Pelatihnya pernah membuat pertunjukan di hadapan sebuah pertunjukan TV. Magnus diberi sebuah posisi atau diagram catur yang diambil dari sebuah buku catur, dan dia dapat menyebutkan dengan tepat nama kedua pemain yang memainkannya, tempat, judul buku dan lanjutan langkah-langkah yang dimainkan mereka. Ayahnya pernah pula menyebutkan Magnus di usia 5 tahun dapat menyebutkan nama, luas, dan jumlah populasi dari 430 kota di Norwegia. Kemampuan daya ingat ini amat berguna untuk mengikuti perkembangan teori pembukaan catur modern, dan unsur yang utama di balik repertoire pembukaan catur Magnus yang mengagumkan.

Magnus memang pemain masa depan yang briliant, dia pernah menahan imbang Garry Kasparov, juara dunia catur tahun 1985-2000. ELO Rating nya per Januari 2007 adalah 2690 dan menempatkannya di rangking 24 dunia saat ini.

Target selanjutnya adalah menembus rating 2700 dan masuk Top 10 dunia. Dengan bakat dan kerja keras seperti ini, siapakah yang meragukan peluangnya untuk kelak menjadi salah satu yang terbaik ?

Kita dapat memetik sesuatu dari kisah ini. Bakat atau talenta adalah Anugrah dari Tuhan. Namun kita tidak dapat hanya mengandalkan hal itu saja tanpa berlatih.
Bakat yang dipadukan dengan latihan, pengorbanan waktu dan harga, dan dukungan orang-orang terdekat akan menjadikan seseorang menjadi “excellent”

souce: http://tjauwchienming.blogspot.com

Advertisements

2 thoughts on “Bocah Ajaib

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s