BELAJAR LINUX

Akhir-akhir ini aku lagi tertarik untuk belajar linux. Karena selama ini aku bingung dengan masalah space di hardisk untuk instal linuxnya. Soalnya hardiskku selalu memunculkan pesan manisnya “LOW DISK SPACE”…Emang aku suka koleksi downloadan file-file dari internet entah artikel, software, dan yang menghabiskan space banyak adalah koleksi laguku. Sebenarnya aku sudah backup beberapa lagu..tetapi ya itu…setiap aku backup pasti ada lagi file lagu baru…

Alhamdulillah, akhirnya kemarin aku bisa beli hardisk baru Maxtor 80GB…wuih senengnya..aku dah terhindar dari “kutukan” low disk space. Sekarang space hardisk totalku menjadi 110GB (hd lama=30GB + hd baru=80GB)….wah bisa install macam-macam niy..pilirku.
Setelah berpikir akhirnya aku putuskan untuk install linux.Karena dari dulu aku ingin bisa linux, gak hanya kulitnya saja tapi juga bagian dalamnya…..
Setelah nyari CD installer di Disc One akhirnya aku pilih SuSE 10.2 karena aku pikir distro sangat mudah instalasinya apalagi untuk pemula seperti aku. Setelah semuanya siap akupun mulai menginstallnya satu demi satu…setelah selesai aku coba Xmms untuk putar mp3..lho kok gak bisa apa ada yang salah? aku coba pakai kafein juga gak bisa..cuma RealPlayer aja yang bisa….huh sebel…karena masih baru..akupun langsung mutusin ganti pakai SuSE 9.1 versi lama (aku punya CD installernya..). Ternyata XMMS bisa jalan dengan mulus, XIne juga ok cuma sayang nggak bisa main game 3D dan nonton TV. Tapi gak apalah setidaknya masih bisa muter lagu ma film…satu langkah telah selesai dalam proses belajar LINUX.

Sekarang PR nya adalah belajar aktif kan 3D + TV tunernya! trus belajar instal package2 tambahan dari internet….
KEEP LEARN for SURVIVE

Advertisements

3 thoughts on “BELAJAR LINUX

  1. garel007

    alloo mas….
    gw sebenernya suka jg ma linux, tp ga pernah berhasil nginstalnya.
    gw punya cd instaler red hat 5, tiap kali gw coba slalu gagal…. puseng deh…..
    ada masukan ga mas….?

  2. @garel007
    setahu saya install linux dah kayak windows kok. Yang penting *berdasarkan pengalaman saya * kita buat dulu partisi ext2 dan swap di hardisk kita pakai Partition Magic (under windows). So, saat kita install linux, kita tidak perlu mempartisi lagi (cara ini cocok untuk newbie).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s