Sepeda Listrik Cyclone

kits-sepeda-listrik3

Akhirnya tercapai sudah keinginan untuk memiliki sepeda listrik yang ringan untuk membantu mobilitas saya. Kemarin lusa baru menyelesaikan intalasi kit sepeda listrik cyclone 500 W. Kenapa saya memilih kit sepeda cyclone? kenapa bukan sepeda listrik yang sudah jadi? alasan utamanya adalah kit tersebut relatif ringan dan memiliki performa yang bagus.

Total berat sepeda setelah kits terpasang plus battery kurang lebih hanya 15 kg sedang sepeda listrik yang ada ditoko-toko rata-rata memiliki berat 40kg keatas. Disamping itu, kits ini memiliki torsi yang lumayan besar sehingga cocok untuk tanjakan. Karena motor dihubungkan dengan gear depan, kita bisa setting kecepatan sepeda listriknya lewat perpindahan gigi gear belakang. Menurut pabriknya, untuk cyclone 500 W top speed bisa mencapai 50km/jam.

kits-sepeda-listrik-cyclone

Untuk power supply, saya memilih Battery LifePO4 24V20A. Karena menurut saran teman-teman di ES forum, Battery LifePO4 memiliki berat yang ringan dan relatif aman jika dibandingkan dengan baterai NiMH. Serta memiliki life cylce sampai 1000x.

Penggunaan
Sepeda listrik bisa dikayuh seperti sepeda biasa atau diselingin dengan menyalakan motor (pedal assist). Kalau ingin langsung main full listrik juga tidak masalah, tinggal diputer saja throttle nya. Untuk start awal (kondisi motor mati) disarankan untuk mengayuh sepeda sebentar agar tarikan motor di awal nggak terlalu berat.

Test Performa
Berhubung belum memiliki speedometer untuk sepeda, tes kecepatan sepeda listrik dilakukan dengan melihat speedometer motor temen he..he... Jadi, ketika saya pacu sepeda listriknya pada kecepatan stabil maka teman saya akan berusaha mensejajarkan posisi dan kecepatan motornya dengan sepeda listrik saya. Kemudian dia akan melihat berapa kecepatan di speedometernya.

catatan : Gear belakang sepeda ada 7 tingkat, Gear 1 merupakan gear yang paling besar (low gear). Gear ini untuk low speed. Sedangkan gear 7 adalah gear kecil untuk high speed (high gear). Kebetulan pengujian hanya dilakukan di gear 2, 4, dan 5.

Hasil Uji coba
Gear 2
Speedometer motor temen menunjukkan angka ~30km/jam
Gear 4
Speedometer motor temen menunjukkan angka ~37km/jam
Gear 5
Speedometer motor temen menunjukkan angak ~40km/jam

Kalau menurut saya pribadi, kecepatan yang nyaman di jalan lurus untuk sepeda listrik ini dikisaran 25~35 km/jam (gear 1 – gear 3). Untuk jalan tanjakan sedang (kemiringan sekitar 30 derajat), sepeda listrik ini mampu melaluinya tanpa masalah di gear 2. Untuk battery belum sempat melakukan uji coba perjalanan jauh.

kits-sepeda-listrik3 battery-sepeda-listrik- throttle-sepeda-listrik-

info lengkap kit sepeda ini bisa dilihat di cyclone-tw.com

51 thoughts on “Sepeda Listrik Cyclone

  1. wah mas ini kreatif sekali, bikin sendiri lagi. BErdasarkan penuturan mas yang beratnya hanya 15 kg ini menurut saya keunggulan tersendiri.

    Tidak menutup kemungkinan klo dikembangkan bisa digunakan sebagai usaha. Entar ane bisa pesen kalo begitu

    Yang bener masang sendiri :mrgreen: kitnya dapat dari cyclone-tw

  2. wah, menarik mas. itu jadi rantainya yang ke crank ada 2 yah? yang satu ke gir belakang, satu lagi ke motor yang nempel di downtube?

    untuk shifter manualnya jadi ga kepake? lagi kepikiran nih masang beginian di citybike saya.

    regards

    1. Iya. sistem cyclone saya ini pakai dua rantai. untuk shifter gear depan nggak dipakai. Tapi, kita masih bisa pakai shifter untuk gear belakang. Kalau mau pakai 1 rantai coba cek di cyclone-tw .com untuk kits sepeda listrik dengan sistem 1 chainwheel.

  3. Wah menarik sekali selama ini yang saya tau kit sepeda listrik langsung dipasang di roda (depan/ belakang), jadi shifter tidak berfungsi. Sebetulnya saya pernah berangan2 untuk buat sistem yang memfungsikan shifter depan maupun belakang, jadi kita bisa atur untuk keperluan menanjak atau speed. Seandainya shifter depan masih berfungsi, akan lebih optimal lagi penggunaan shifternya. Apa produk cyclone ada yang untuk dua shifter (depan/ belakang)?produk taiwan ya? pembayaran melalui kartu kredit?

    1. Setahu saya untuk kit sepeda listrik cyclone yang fungsi cuma shifter belakang saja. Terutama untuk yang model 3 Chainwheel seperti punya saya. Kalau yang yang model 1 Chainwheel mungkin saja bisa (belum pernah tahu ada yang bisa fungsi shifter depannya). Coba search di http://endless-sphere.com/forums/ barangkali ada pengguna cyclone yang pake shifter depan juga.

      Iya punyanya taiwan, bayarnya pakai kartu kredit atau paypal.

    1. Ongkir kit sepeda listriknya tergantung paket yang kita pilih. Dan yang nentuin besarnya si seller. pengiriman sekitar 2 minggu. untuk jelasnya silahkan kontak si seller via email

  4. Saya sangat tertarik sekali membaca artikel2 ttg sepeda electrik,bersama tulisan ini saya mohon Mas Alhakim berkenan memberi tahu prosedur pemesanan kit tsb agar bs terkirim ke tempat saya.Yang jd masalah adalah perbedaan mata uang kita dg mata uang tempat brg tsbt dijual.Sekalian harga pd saat Mas membeli brg tsbt.Mohon dikirim Via email: ketut.surta@yahoo.co.id
    Terima kasih

  5. Wah menraik sekali mas, cuma sayang disini masih belum ada agennya. Akan lebih bagus jika kita pasangi beberapa dinamo sepeda onthel jaman dulu untuk menghidupkan lampu sebagai pengerak , pengisi batery? jadi waktu sepeda berjalan kita bisa jalan bisa dapat energy listrik. Jadi nggak perlu ngechas… . Atau kita modif, ruji kita kasih magnet, di garpu roda dipasang koil. Pada kecepatan tertentu.. diskonect batery langsung ke magnet n koil atau dynamo… bener2 hybrid. Aplikasi itu juga bisa pasang di sepeda motor biasa… siiip tenan. Salam … semoga sukses bikin experiment..

    1. alhamdulillah masih baik baterainya. Kebetulan saya selalu charge lagi setelah +/-25km-an (gak sampai benar2 habis kapasitas baterainya). Untuk harga kit sepeda listrik sesuai dengan yang di website.

  6. misi mas, numpang tanya? tertarik banget nih sm postingan soal e-bike, cuma yang ada dalam benak saya itu, beda yang 3chainwhell sama yang 1chainwhell apa ya? Terus mosok iya toh, insinyur-insinyur di negara kita ini blom ada yang bisa buat kit seperti itu, maksudnya supaya harganya lebih murah gitu(ngarep banget) yah setidaknya supaya irit subsidi BBM lah. thx b4.

    1. kalau yang 1 chainwheel, motor listrik di couple ke sistem rantai sepeda. Jadi rantai yang digunakan hanya satu. Sementara yang 3chainwheel, seperti konfigurasi sepeda listrik diatas. Untuk gambarnya bisa lihat di website cyclone.

      Kalau buat kit sepeda listrik sendiri, mungkin saja bisa. Hanya saja karena pengguna sepeda listrik di Indonesia rata-rata masih hobbyist. maka produksi kit sepeda listrik secara massal (untuk menekan harga) bukan ide yang bagus. Kalau ingin yang lebih murah coba pakai kit sepeda listrik yang dari china.

  7. mas, kemaren pas beli cyclone nya bayarnya pake paypal apa transfer langsung ya…??? Terus, tolong dong kasih tau, berapa ongkos kirim dari taiwan ke Indonesia. terus kena cukai apa tidak? terimakasih banyak ya mas.

    1. Belum pernah coba ;) Tapi seperti sepeda listrik pada umumnya, usahakan terhindar dari air. Karena baterainya bisa konslet kalau kena air. Kalaupun ‘terpaksa’ dibuat hujan-hujanan, jangan lupa buatkan box khusus untuk baterai dan mesinya. Berhubung sepeda listrik cyclone saya terbuka (tidak ada proteksinya) jadi tidak recommended buat hujan-hujanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s