Cara Mudah dan Aman Upgrade/Update WordPress

wordpress

Kita tahu kalau wordpress sering banget updatenya. Bahkan seorang teman bilang kalau update wordpress seperti antivirus saja ;). Tapi, menurut saya itu bagus. Karena jika ada wordpress versi baru dikeluarkan berarti ada fitur baru yang ditambahkan atau ada perbaikan bug di securitynya.

Bagi blogger yang numpang di wordpress.com seperti blog ini mungkin tidak perlu risau untuk upgrade sendiri wordpressnya. Karena wordpress.com akan mengupgrade wordpress kita secara automatis. Namun bagi Anda yang install sendiri di hosting ya harus diupgrade sendiri wordpressnya.

Sebenarnya tidak perlu bingung dan takut untuk upgrade wordpress terbaru. Dengan perkembangan wordpress yang semakin pesat proses upgrade wordpress pun jadi lebih mudah dan aman. Berikut cara mudah dan aman untuk upgrade wordpress terbaru

1. Menggunakan Fantastico
Kalau anda install wordpress di hosting untuk pertama kalinya menggunakan fantastico, maka proses upgrade ke wordpress tidak perlu ribet ;) Pertama masuk ke cpanel > fantastico > wordpress. Nanti disebelah kanan ada tulisan upgrade link. Klik blog wordpress mana yang ingin diupgrade. Dan ikut petunjuk selanjutnya. Selesai deh.

upgrade-via-fantastico

2. Menggunakan WordPress Automatic Upgrade Plugin
Penggunaan WordPress Automatic Upgrade Plugin merupakan solusi yang cocok bagi anda yang install wordpress di hosting secara manual (tanpa bantuan fantastico). Plugin ini akan membuat backup database dan wordpress saat proses upgrade wordpress berlangsung. Jadi, kalau terjadi hal yang tidak diinginkan kita sudah punya backupnya. Bagaimana cara penggunaan Automatic Update Plugin?

– Download plugin disini
– Install pluginnya (upload dan extrack filenya ke [wordpress directory]/wp-content/plugins)
– Aktifkan plugin ( dashboard > plugin)
– Klik link di automatic upgrade di top navigation nya (lihat gambar) dan ikut petunjuk selanjutnya.

update-wordpress-dengan-automatic-upgrade-plugin

So, sekarang upgrade wordpress jadi mudah bukan? ;)

11 thoughts on “Cara Mudah dan Aman Upgrade/Update WordPress

  1. wordpress kalau nunut hosting terbatas juga plugin2nya, kalo sewa serper kadang widget yang berat akan di banned oleh servernya jadi serba salah! memang menurut saya wordpress adalah mesin yang paling bagus saat ini. Lebih bagus lagi yang punya hosting server kita sendiri!! he… he.. kemaruk Mode on

    yup, terkadang wordpress juga bisa jadi beratin server kalau kita “kemaruk” dengan pluginya. Harus selektif pasangnya. kalau pakai DS lain lagi ceritanya :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s